Home » » Pentingnya Ketepatan Penggunaan Bahasa

Pentingnya Ketepatan Penggunaan Bahasa

Pentingnya ketepatan penggunaan Bahasa dalam kehidupan sehari-hari merupakan hal yang wajib, karena dimanapun kita berdiri disitulah ada Bahasa. Mengamati, mencermati dan menelaah tentang ketepatan penggunaaan bahasa ini membuat saya berfikir untuk menulis sebuah artikel tentang "PENTINGNYA KETEPATAN PENGGUNAAN BAHASA".


Tidak sedikit orang yang kurang tepat penggunaan bahasanya dalam suatu proses komunikasi, baik secara lisan ataupun tulisan. Terutama dalam proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sehinggga penyampaian pesannya kurang dapat dipahami serta dapat menimbulkan keberagaman makna (ambigu). Hal tersebut dikarenakan pemahaman bahasa tidak dianggap penting oleh sebagian orang, sehingga mereka tidak menyadari kesalahan dalam berbahasa.
Betapa pentingnya bahas bagi manusia kiranya tidak perlu lagi diragukan. Hal itu tidak saja dapat dibuktikan dengan menunjuk pemakaian bahasa dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga dapat dibuktikan dengan melihat banyaknya perhatian para ilmuwan dan praktisi terhadap bahasa. Bahasa sebagai objek ilmu tidak dimonopoli oleh para ahli bahasa. Para ilmuwan dalam bidang lain pun menjadikan bahasa sebagai sebagai objek studi karena mereka memerlukan bahasa sekurang-kurangnya sebagai alat untuk mengomunikasikan berbagai hal.

Bendera Indonesia dan Jepang

Selaku makhluk sosial yang memerlukan orang lain sebagai mitra berkomunikasi, manusia memang memakai dua cara berkomunikasi, yaitu secara verbal dan nonverbal. Berkomunikasi secara verbal dilakukan dengan menggunakan alat/media bahasa (lisan/tulis), sedangkan berkomunikasi secara nonverbal dilakukan dengan menggunakan media selain bahasa. Alat komunikasi nonverbal yang wujudnya berupa aneka simbol, isyarat, kode, dan bunyi. Misalnya tanda lalu lintas, morse, anggukan/gelengan kepala, lambaian tangan, sirene, kentongan, atau terompet, barulah “diterjemahkan” ke dalam bahasa manusia. Hal itu menunjukkan bahwa bahasa merupakan alat komunikasi yang terpenting bagi manusia. Demikian semoga bermanfaat. Salam Heddys'BloG

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan