Home » » Menyadari Bahaya Kontes SEO

Menyadari Bahaya Kontes SEO

Kontes SEO di Indonesia bukanlah hal yang asing di kalangan blogger/netter. Banyak sekali lomba-lomba yang diadakan oleh perusahaan, yayasan, atau lembaga-lembaga lainnya yang berusaha mendongkrak atau membuat gebrakan di dunia maya. Hadiah yang ditawarkan pun beragam, bahkan ada sebuah perusahaan yang berani membayar fantastis, yaitu sekitar Rp.80.000.000.- (Delapan Puluh Juta Rupiah).
Menyadari Bahaya Kontes SEO

Beberapa tujuan dari Kontes SEO adalah :
Bagi Penyelenggara
  1. Meningkatkan SERP, karena dengan padatnya kata kunci yang berasal dari external link/outbond link spider search engine akan cepat meng crawl kata kunci tersebut
  2. Mengenalkan Situs Website milik penyelenggara
  3. Mengenalkan Produk tertentu, dalam hal ini penyelenggara mempunyai ketentuan khusus

Bagi Kontestan
  1. Uang
  2. Menjajal Kemampuan teknik SEO

Tetapi, akhir-akhir ini saya menemukan sebuah pernyataan dari seorang pegawai google, dalam postingan di Google+ dia mengatakan

"Sejak beberapa waktu yang lalu Google Search Quality telah mengamati kontes-kontes SEO di Indonesia. Kami menyadari beberapa kontes ini membahayakan bagi para website yang berpartisipasi. Kontes dengan kata kunci rill seperti “Mobil Keluarga Ideal Terbaik Indonesia” atau “Ultrabook Notebook Tipis Harga Murah Terbaik” terbukti melanggar Google Webmaster Guidelines (Peraturan Webmaster Google) http://goo.gl/7tTe6. Kami sudah mengambil tindakan secara manual sambil menunggu algoritma kami mulai beraksi. Saya sarankan para webmaster yang menjaga baik-baik reputasi website nya untuk menghindari kontes-kontes semacam ini. Webmaster yang ingin melakukan perbaikan harus memastikan bahwa website mereka mematuhi Peraturan Webmaster Google terlebih dulu sebelum mengajukan rekonsiderasi http://goo.gl/sGoku"
Walaupun pernyataan tersebut di buat pada bulan Maret tahun 2012, tetapi sepertinya berdampak terhadap website atau blog yang kita kelola.

Berbagi pengalaman

Akhir-akhir ini saya mengikuti Kontes SEO yang diadakan oleh perusahaan yang bergerak di bidang produksi Korek Api, nama kontes SEO yang saya ikuti adalah "Kontes SEO Korek Api Gas Fighter Indonesia 2013". Setelah saya membuat dua Artikel tentang kontes SEO tersebut, Artikel yang pertama berjudul "AKU dan KOREK API, FIGHTER" dan Artikel yang kedua adalah "Korek Api  Gas Fighter Indonesia". Setelah beberapa jam, saya mencoba check di SERP dan terindeks di page pertama urutan kedua, saya merasa sangat puas dan setelah itu saya pun offline. 

Malamnya, sekitar pukul 08.00 WIB, saya iseng-iseng pergi ke tempat rentalan Play Station, kebetulan ada warnet, sehabis main PS, saya langsung pergi ke warnet dan mencoba membuka situs saya di kotak pencarian, alangkah terkejutnya saya ketika melihat Artikel yang tadi terindeks tiba-tiba menghilang, saya pun membuka situs untuk check google sandbox, dan hasilnya Artikel tersebut terperangkap di Google Sandbox.

Setelah itu saya mencari crawl line dengan cara check indeks google di site:heddysblog.com, ternyata indeks google saya berkurang drastis, setelah sebelumnya Google mengindeks 500+ kini hanya 96 yang terindeks.

Saya mengklik salah satu tautan website saya dan betapa kagetnya ketika tahu bahwa situs saya down, saya pun berusaha memperbaiki dan check penyebabnya, setelah saya check di Dashboard dan masuk ke menu komentar, ada 100 lebih komentar SPAM. Kotak komentar saya jadi sarang SPAM dan seperti comberan. 

Diatas adalah sekelumit kisah, sengaja saya bagikan pengalaman ini kepada sesama teman blogger/netter untuk 

"TIDAK MENGIKUTI KONTES SEO APABILA BELUM MENJADI MASTER SEO SEJATI".

Untuk lebih jelasnya, silahkan sahabat baca pedoman design dan konten, pedoman teknis yang saya translate dari Webmastertools

Semoga bermanfaat

4 comments:

  1. wah kalo gitu sekali ini aja ikut kontes seo :D
    thanks Infonya ^_^

    ReplyDelete
  2. oke sip,,,,, saya menemukan pernyataan resmi dari tim google langsung.... aktif di forum google biar tahu informasi terkini....

    ReplyDelete
  3. kalau baru post kemudian muncul dihalaman pertama itu sudah biasa. kemudian digoyang2 dulu sama google. tapi kalo optimasinya mantap, akhirnya posisi juga oke. saya bahkan lebih sering ngalami hal seperti itu sejak 2011 lalu.

    ReplyDelete
  4. Oke sip__ saran saya kan jangan dulu ikut kontes SEO kalo blum jadi MASTER SEO__ mudah2an aja posisi SERP saya balik lagi___ heheee--- lumayan buat jajan__ Salam

    ReplyDelete

Malu Bertanya Sesat di Jalan