Home » » Pengertian Karangan Deduktif

Pengertian Karangan Deduktif

Dalam artikel terdahulu saya telah membahas Pengertian Karangan Narasi yang secara rinci dijelaskan. Pada kesempatan ini, saya sedikit mengulas Pengertian Karangan Deduktif. 

Karangan deduktif adalah karangan yang gagasan utamanya terletak diawal paragraf. Gagasan utama atau pokok persoalan paragraf itu dinyatakan dalam kalimat pertama. Kemudian disusul atau penjelasan-penjelasan terperinci terhadap gagasan utama (Kosasih, 2003:41).

Pengertian Karangan Deduktif
Pendapat lain menyatakan bahwa karangan deduktif adalah karangan yang menyajikan pokok permasalahan terlebih dahulu, lalu menyusul uraian atau rincian permasalahan karangan (Finoza, 2009:189)
Poerwordarmita (1984:449) menjelaskan bahwa karangan deduktif adalah karangan yang dimulai dari pernyataan yang bersifat umum disusul dengan pernyataan yang bersifat khusus. Gagasan pokok dalam karangan ini berada pada pernyataan yang bersifat umum atau berada di awal karangan.

Ciri dari karangan ini diantaranya: gagasan pokok berada diawal karangan, menarik dari pernyataan yang bersifat umum ke pernyataan yang bersifat khusus, peryataan yang bersifat umum merupakan penyebab, dan hanya memiliki satu tema dalam satu alineanya (Poerwordarmita, 1984:450).

Syarat dari karangan ini yaitu memiliki kohesi (kepaduan) dan koherensi (kesatuan) yang tinggi. Karangan dikatakan kohesi jika karangan tersebut memiliki tema yang tunggal. Karangan dikatakan koherensi jika setiap kalimat yang membangun karangan tersebut bersama-sama membentuk satu kesatuan yang utuh (Poerwordarmita, 1984:451).
Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan