Home » , » Pengertian dan Tujuan Pidato

Pengertian dan Tujuan Pidato

Pengertian dan Tujuan Pidato - Pidato merupakan kegiatan berbicara/berkomunikasi secara lisan dihadapan massa/orang banyak untuk suatu maksud dan tujuan (Djago Tarigan, 2006:34)
Pengertian dan Tujuan Pidato

Hal yang senada juga diungkapkan Soenjono Dardjowidjojo (2003:97) bahwa berpidato merupakan salah satu cara berkomunikasi dengan menggunakan lisan yang disampaikan di hadapan massa dengan maksud dan tujuan tertentu. Pengertian yang lain pun diungkapkan oleh Stuart, (1983) bahwa pidato merupakan pengiriman tentang suatu informasi kepada khalayak ramai.

Tujuan Pidato

Djago Tarigan (2006:35-38) merumuskan secara garis besar tentang tujuan pidato, yaitu informatif, rekreatif, argumentatif, dan persuasif. Pidato informatif yaitu pidato yang dimaksudkan untuk memberikan suatu informasi kepada orang lain. Pidato rekreatif yaitu pidato yang dimaksudkan untuk menciptakan suatu kegembiraan keakraban, dalam situasi yang menyenangkan. Pidato argumentatif adalah pidato yang dimaksudkan untuk menumbuhkan kesadaran atau bersifat mendidik. Sedangkan pidato persuasif adalah pidato yang dimaksudkan untuk mengajak kepada khalayak ramai untuk berbuat sesuatu.

Pendapat serupa juga disampaikan oleh Soenjono Dardjowidjojo (2003:97-98) bahwa pidato memiliki tujuannya masing-masing. Tujuan tersebut yaitu persuasif, argumentatif, informatif, dan deskriptif. Pidato persuasif bertujuan mempengaruhi emosi pendengar untuk berbuat sesuatu sesuai dengan keinginan pembicara. Pidato argumentatif bertujuan meyakinkan pendengar tentang kebenaran suatu pendapat. Pidato informatif bertujuan memberi tahu atau memberi informasi baik berupa pengarahan maupun penerangan. Sedangkan pidato deskriptif bertujuan melukiskan suatu keadaan.

Demikian artikel tentang Pengertian dan Tujuan Pidato ini saya sajikan dan Semoga bermanfaat

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan