Home » » Pengertian PTK Menurut Para Ahli

Pengertian PTK Menurut Para Ahli

Pengertian Teori Penelitian Tindakan Kelas (PTK. Pengertian Teori Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menurut para ahli adalah sebagai berikut:
  1. Menurut Hopkins, 1993 (dalam Rochiati Wiraatmadja, 2009:11) Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantif, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau suatu usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlihat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan.
  2. Menurut Kemmis, 1993 (dalam Rochiati Wiraatmadja, 2009:12) menjelaskan bahwa penelitian tindakan kelas adalah sebuah bentuk inkuiri reflektif yang dilakukan secara kemitraan mengenai situasi sosial tertentu (termasuk pendidikan) untuk meningkatkan rasionalitas dan keadilan dari: kegiatan praktek sosial atau pendidikan mereka, pemahaman mereka mengenai kegiatan-kegiatan praktek pendidikan ini, dan situasi yang memungkinkan terlaksananya kegiatan praktek ini.
  3. Menurut Priyono, 1999 (dalam Sukidin, Basrowi, Suranto 2010:11) menyatakan bahwa PTK adalah strategi pengembangan profesi guru karena: (a) menempatkan guru sebagai peneliti, bukan sebagai informan pasif, (b) menempatkan guru sebagai agen perubahan, dan (c) mengutamakan kerja kelompok antara guru, siswa, dan staf pimpinan sekolah lainnya dalam membangun kinerja sekolah yang lebih baik.
  4. Menurut Sukidin, dkk, (2010:19-21) PTK dapat berjalan dengan baik apabila dalam perencanaan dan pelaksanaannya menggunakan 6 prinsip sebagai berikut:
  • Tugas pertama dan utama guru di sekolah adalah mengajar siswa sehingga apapun metode PTK yang akan diterapkan tidak akan mengganggu komitmennya sebagai pengajar.
  • Metode pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang berlebihan dari guru sehingga berpeluang mengganggu proses pembelajaran.
  • Metodologi yang digunakan harus cukup reliable sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi serta merumuskan hipotesis secara cukup meyakinkan, mengembangkan strategi yang dapat diterapkan pada situasi kelasnya, dan memperoleh data yang dapat digunakan untuk “menjawab” hipotesis yang dikemukakannya.
  • Masalah penelitian yang diusahakan oleh guru yang seharusnya merupakan masalah yang cukup merisaukannya.
  • Dalam menyelenggarakan PTK, guru harus selalu bersikap konsisten menaruh kepedulian tinggi terhadap prosedur etika yang berkaitan dengan pekerjaannya.
  • Kelas merupakan cakupan tanggung jawab seorang guru, namun dalam pelaksaan PTK sejauh mungkin digunakan Classroom exceeding perspective, dalam arti permasalahan tidak dilihat terbatas dalam konteks dalam kelas atau mata pelajaran tertentu, melainkan dalam perpektif misi sekolah secara keseluruhan.
Pengertian PTK Menurut Para Ahli
Terdapat beberapa karakteristik dari PTK yang dapat dipelajari,diantaranya: problema yang
diangkat untuk dipecahkan melalui PTK harus selalu berangkat dari persoalan praktik pembelajaran sehari-hari yang dihadapi oleh guru; adanya tindakan-tindakan (aksi) tertentu untuk memperbaiki proses belajar mengajar dikelas.

Karakteristik PTK menurut Priyono, 1999 (dalam Sukidin, dkk : 2010:23-24), adalah: (1) masalah yang dijadikan objek penelitian muncul dari dunia kerja peneliti, (2) bertujuan memecahkan masalah guna peningkatan kualitas, (3) menggunakan data yang beragam, (4) langkah-langkahnya merupakan siklus, dan (5) Mengutamakan kerja kelompok.

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan