Home » , » Cara Memilih Niche Blog

Cara Memilih Niche Blog

Cara Memilih Niche Blog – Salah satu hal yang penting sebelum memulai nge-Blog adalah menetukan niche blog. Menentukan niche blog merupakan sebuah rencana awal yang harus disusun, karena blog tanpa niche ibarat sayur tanpa garam atau baju tanpa celana.

#Selayang Pandang Tentang Niche#
Secara sederhana, Niche merupakan sebuah topic atau tema. Namun, pengertian niche secara spesifik dari Niche adalah Pembahasan yang terpusat atau terfokus. Dalam bahasa Indonesia niche artinya adalah ceruk, yaitu relung, lubang atau lekuk dll. Anda bisa mencarinya di google tentang pengertian ceruk. 

Berbeda dalam halnya blogging, pengertian dan maksud niche dalam blog merupakan suatu tema atau pokok bahasan, saya masih ingat ketika saya masih bersekolah dulu, ketika saya masih menjadi siswa di SMA Negeri 1 Malingping, bapak guru menjelaskan tentang tema dan mempunyai anak (sub tema) sehingga membentuk judul dan sub judul.

cara memilih niche blog

#Hubungan Niche dan Keywords#
Seperti pepatah pada umumnya, nama adalah do’a. maka keterkaitan antara niche dan keywords seperti anak kembar lain ibu beda ayah. Hubungan keduanya tidak dapat dipisahkan karena mereka tidak mempunyai surat nikah, jadi tidak ada yang bisa memberinya akta cerai. 

Hubungan antara niche dan keywords merupakan sebuah struktur, niche is keywords and keywords is niche, itu merupakan pendapat saya selaku blogger pemula. Jadi, keterkaitan atau keterhubungan keduanya sangat erat. Sangat mustahil jika anda mengetikan kata “Fashion” yang muncul di hasil penelusuran adalah “Heddys Blog”. Jika anda tidak percaya silahkan buktikan.


#Kendala dalam memilih Niche#
Salah satu kendala yang ditemui oleh para blogger baik yang sudah master atau pun newbi (Pemula) adalah menentukan niche yang tepat untuk dikelola. Mengingat blog adalah salah satu sarana informasi atau bisa juga dijadikan media edukasi. Sepanjang pengetahuan saya pribadi, para netizen yang berselancar di internet mencari sebuah informasi atau bahan referensi, selain mengakses sosmed mengakses (sosial media) seperti facebook, twitter, path, dan lain-lain untuk berselingkuh atau sekedar hiburan semata.


Cara pemilihan niche yang tepat untuk sebuah blog dapat dilakukan melalui eksperimen, dengan mengamati hot trends atau pencarian terbanyak di search engine. Namun masalahnya adalah terdapatnya kompetesi yang tinggi dalam hal persaingan kata kunci ( Baca : Cara Riset Keywords 100% Ampuh ) Semakin banyak dicari semakin popular, semakin popular semakin tinggi juga persaingan kata kuncinya (Keywords) Baca : Pengertian Keywords dan Fungsinya ). Keywords popular is query popular too, sebuah perumpaan yang tepat untuk menggambarkan tingginya persaingan kata kunci di mesin pencarian google atau yahoo dan bing.


#Mengatasi Kendala dalam memilih Niche untuk Blog#

Setiap masalah ada solusi, karena blog saya bukan Indonesian Lawak Klub yang berslogan “Mengatasi masalah Tanpa Solusinya”. Maka blog ini mengatasi solusi tanpa masalah. to the point saja pada pokok pembahasan kita yaitu cara mengatasi kendala pemilihan niche blog. Baca beberapa hal dibawah ini :

  1. Menguasai SEO (Black Hat SEO or White Hat SEO)
  2. Fokus nge-Blog
  3. Menguasai Materi atau Niche
# Cara Memilih Niche Blog #

Jika anda sudah memperhatikan penjelasan diatas, sebaiknya anda berfikir ulang untuk memilih kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang tinggi. Cara Memilih Niche Blog yang tepat adalah dengan mengikuti saran saya, yaitu :

  1. Kuasai Niche Blog yang ingin anda kelola ( Jangan Copot Pasang or Copy Paste)
  2. Pilih Nama Blog yang sesuai dengan Niche ( Contoh Niche " Tutorial Blogger", maka  nama blog nya adalah http://tutorialblogger[dot]blogspot[dot]com )
  3. High Search Low Competition ( Queri Pencarian yang banyak dan tingkat kompetesi yang rendah)
  4. Berbuat baiklah terhadap ibu dan bapak
Demikian artikel tentang Cara Memilih Niche Blog ini saya persembahkan, selamat sore

8 comments:

  1. niche blog saya kebetulan suka-suka mas, yang penting update terus :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, blog mbak udah sangat mendunia sekali, bahkan saya sampai iri jika lihat blog mbak, rame banget

      Delete
  2. artikelll yang menarikk buat disimak, blog kuuu? aduhhh udah mencakup belum yaaa hahaha

    ReplyDelete

Malu Bertanya Sesat di Jalan