Home » » Form Buku Kas Harian

Form Buku Kas Harian

Buku Kas adalah hal yang wajib bagi instansi, baik itu instansi swasta atau pemerintahan. Buku Kas merupakan bagian dari Laporan Keuangan. Yaitu suatu laporan tentang jumlah pembelian, penjualan, saldo, dan untung rugi atau laporan perubahan modal. Buku Kas merupakan buku yang mencatat keluar dan masuk uang dalam kas. 

Pengerjaan Buku Kas dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu cara folio (scontro ) dan dengan cara tabelaris. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah contoh buku kas dengan metode pengerjaan scontro dua halaman.

Metode ini sangat sederhana, cukup memasukan beberapa tabel saja. Kita cukup memasukan jumlah uang masuk dan jumlah uang keluar. Semua dicatat didalam halaman yang sama. 

Sebelum Anda mengunduh form buku kas, ada baiknya Anda mengikuti instruksi yang saya akan jelaskan dibawah ini, hal ini dimaksudkan agar Anda tidak salah dalam pengisian nya.
  1. Kolom Nomor dipergunakan untuk mencatat urutan kas yang masuk dan keluar, sebagai contoh : Anda menerima uang sebesar 10 juta di awal bulan, maka dicatat dalam kolom nomor yaitu No . 001/BKU/XI/2014
  2. Kolom tanggal diisi dengan tanggal transaksi
  3. Kolom Uraian dipergunakan untuk mencatat jenis kegiatan yang mengakibatkan bertambah atau berkurangnya uang dalam kas, apakah itu penerimaan , pembelian atau penjualan.
  4. Kolom Penerimaan ( Debet ) dan Kolom Pengeluaran (kredit) diisi dengan nominal uang kas yang masuk dan keluar.
Form Buku Kas Harian


Form Buku Kas ini sangat sederhana dan bisa dikerjakan oleh siapa saja, bahkan jika Anda seorang ibu rumah tangga yang ingin mencatat pengeluaran rutin, Anda bisa menggunakan Buku Kas ini. Sangat simpel dan sederhana serta mudah dalam pengoperasiannya karena saya menanamkan autolinks dalam penjumlahan atau pengurangan. 

Form Buku Kas ini bisa dijadikan buku kas bulanan atau mingguan, sesuaikan dengan kebutuhan dan selera Anda ( emang makanan ya.... Hehehe). Semoga Form Buku Kas ini memudahkan Anda dalam mencatat transaksi keuangan Anda. Saya rasa buku kas ini lebih cocok untuk ibu rumah tangga.. Hihaaaay

1 comments:

Malu Bertanya Sesat di Jalan