Home » » Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

Cara Menanamkan Disiplin pada Anak

HEDDYSBLOG.COM ~ Cara Menanamkan Disiplin pada Anak. Anak adalah amanah atau titipan yang harus dijaga dan dirawat, memiliki anak merupakan sebuah tujuan dalam mewujudkan rumah tangga yang harmonis dan bahagia. Dalam konsep Islam, dikenal dengan istilah SAMAWA, yaitu singkatan dari Sakinah, Mawadah dan Warohmah. 
"HADE GORENG GEH ANAK SORANGAN" Suatu istilah yang sering dikatakan oleh orang-orang  Indonesia bagian ujung barat pulau Jawa, istilah tersebut melekat pada orang Sunda, dalam bahasa Indonesia istilah tersebut artinya adalah "Baik atau Buruk juga tetap anak sendiri". Mencetak pribadi anak bukan perkara mudah, butuh usaha Extra keras dan kesabaran yang super tinggi dari kedua orang tuanya. Pola asuh yang benar dan pemberian contoh yang benar pula karena awal mula pendidikan anak adalah meniru apa yang orang tuanya lakukan, ucapkan dan berikan. 
Kita mengenal istilah DNA yaitu singkatan dari deoxyribonucleic acid. Asam Deoksiribonukleat yang diturunkan pada anak dari orang tuanya pasti mempunyai struktur yang sama, maka dari itu, darah orang tua akan sama dengan anaknya, kesamaan ini dinamakan Genetik. 
Cara Menanamkan Disiplin pada Anak
Hedi dan Istri

Selain faktor fisik, ada faktor lain yang seharusnya seimbang, yaitu psikis. Fisik dan Psikis tidak bisa dipisah satu sama lain. Memperhatikan asupan nutrisi untuk fisik dan asupan nutrisi untuk psikis adalah tugas orang tua sebagai pencetak masa depan dari anak-anaknya. 
# Bagaimana Cara Menanamkan Disiplin pada Anak?
Anak ibarat sebuah kertas nan putih, yang siap ditulis dengan tinta apa saja, ditulis dengan kalimat apa saja. Saya sendiri adalah calon bapak dari anak saya kelak, tentu saja saya mempersiapkan strategi dan pola pengasuhan yang seperti apa terhadap anak saya, dan akan saya jadikan apa nanti, itu terserah saya dong. Hehehe
Cara menanamkan disiplin pada anak hendaknya dimulai dari orang tanya semenjak anak itu dilahirkan, orang tua yang selalu mengumandangkan doa untuk anaknya akan terdengar oleh anak yang ada didalam kandungan ibunya, jika Anda tidak percaya, tanya saja pada anak Anda yang ada didalam kandungan. 
Jika Anda ingin menanamkan disiplin pada anak, lakukan cara-cara berikut ini !
  1. Orang Tua hendaknya satu faham dalam pola dan aturan dalam mengasuh anak. 
  2. Cara berbicara terhadap anak, ingat, intonasi atau nada dan gaya bicara Anda akan diikuti oleh anak  
  3. Memberi sedikit kejutan pada anak saat anak Anda memperoleh prestasi. 
  4. Jangan menekan anak, nanti bisa kempes lho. Yups, berikan anak kebebasan dibawah bimbingan Anda, artinya jangan memaksakan kehendak Anda pada anak. 
  5. Buatlah sebuah aturan kepada anak, memberikan jadwal tidur, bangun pagi dan jadwal makan. Pola ini akan menanamkan kebiasaan pada anak.Memberi hukuman atas suatu pelanggaran, bentuk hukuman itu harus edukatif dan mengasah kreativitas anak. Contoh, saat anak Anda bangun kesiangan, hukumannya adalah menghafal Pancasila atau do'a-do'a pendek.
  6.  Pastikan anak Anda dikasih nama, bukan apalah artinya sebuah nama, tapi nama adalah bentuk identitas anak, berilah nama yang baik yang mengandung arti. 
Ingatlah orang tua, bahwa anak-anak adalah kebanggaan dan penerus masa depan kita. Memiliki anak adalah kebanggaan. Kiranya tujuh poin diatas sudah cukup untuk menjelaskan bagaimana cara mendidik dan menanamkan disiplin pada anak. Itu juga Anda perlu ketelitian dan kejelian dalam memahami bahasa yang saya sampaikan. See you 

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan