Home » , » Manfaat Daun Sirsak

Manfaat Daun Sirsak

HEDDYSBLOG.COM ~ Sirsak, buah manis yang kaya akan manfaat tersebar di seluruh pojok nusantara sebagai tanaman biasa dan tumbuh liar. Namun siapa sangka daun dari tanaman ini memiliki khasiat yang luar biasa. 
Saya teringat ketika saya masih kecil, usia saya pada saat itu kurang lebih 8 tahun, pada waktu nenek saya sakit dan tidak ada dokter di daerah saya, maklum daerah terpencil. Untuk dapat ke rumah sakit, harus menempuh perjalanan 100 km. Maklum lah, saya berasal dari daerah terpencil yaitu kecamatan cihara. 
Manfaat Daun Sirsak


# Asal Muasal Sirsak
Sirsaknangka belanda, atau durian belanda dengan nama Latin Annona muricata L adalah tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah. 
Sirsak dalam bahasa Sunda dikenal dengan sebutan nangka walanda (Belanda) mempunyai buah yang berwarna hijau dan rasanya manis, meskipun disebut kantung asam oleh Belanda, buah ini sangat enak jika diolah menjadi juice.
Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda yaitu  zuurzak yang artinya kantung asam. Tanaman Sirsak ini didatangkan oleh pemerintah belanda ke Indonesia pada abad ke-19. 
#Apa Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak ?
Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak dalam ilmu medis dikenal berkhasiat mengobati Cancer ( kanker) dan anti tumor. Dalam air rebusan daun sirsak terdapat zat yang disebut Annonaceous Acetogenin, zat ini bisa membunuh sel-sel kanker tanpa mengganggu sel-sel sehat lain dalam tubuh manusia.  Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak lainnya dari daun Sirsak ini dapat mengobati hipertensi, depresi atau setres, dan menormalkan syaraf yang tertekan. Cara kerja ramuan daun sirsak di dalam tubuh mirip kemoterapi, yaitu menimbulkan efek panas, namun ini terjadi pada beberapa orang saja. Tidak semuanya merasakan efek yang sama. Khasiat daun sirsak ini biasanya mulai terasa setelah mengonsumsi selama 2 minggu.
Manfaat dan khasiat lainnya bisa Anda lihat dibawah !
1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
2. Mengobati Sakit Pinggang

3. Menghilangkan Kutu
4. Dapat Mengobati Asam Urat
5. Menghilangkan Bisul
6. Mengobati Eksim dan Rematik


#Bagaimana Cara Membuat Obat Tradisional dari Daun Sirsak?
Untuk dapat membuat ramuan dari daun Sirsak, Anda cukup melakukan beberapa langkah ini yang pertama Rebus daun Sirsak sebanyak 10 helai dengan 3 gelas air sampai satu gelas kemudian diminum 2-3 kali sehari.  Daun yang digunakan adalah daun sirsak yang sudah tua dan berwarna hijau tua. 

1 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan