Home » » Contoh Surat Perjalanan Dinas

Contoh Surat Perjalanan Dinas

Di dalam menjalankan tugas dinas yang sifatnya resmi, sering kali kita diharuskan membawa SPPD atau Surat Perintah Perjalanan Dinas, yaitu suatu surat resmi yang diberikan oleh Pemegang Kekuasaan atau orang yang berhak memberikan perintah dalam hal ini Kepala suatu Dinas/Lembaga atau Kepala Daerah maupun Kepala Desa kepada bawahannya.

Contoh Surat Perjalanan Dinas

Dasar dari pemberian Surat Perintah Perjalanan Dinas ini mengacu kepada Peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang Pasal Anggaran. Namun, untuk daerah dengan otonomi khusus ada aturan tertentu sesuai peraturan daerah atau peraturan bupati yang telah diterbitkan.

Pemegang kuasa yang berhak memberi perintah jalan diperintahkan dengan tegas bahwa perjalanan dinas hanya boleh dilakukan atas biaya – biaya negara jika ini diperlukan untuk kepentingan negara ( lihat pasal 2 dan 3 Peraturan Perjalanan Dinas Dalam Negeri untuk Pegawai Negeri Sipil / Peraturan Pemerintah No. 33 Tahun 1955 ). Jika negara menderita kerugian yang disebabkan karena pemberian perintah jalan yang tidak beralasan maka kerugian itu akan dibebankan pada pemberi perintah itu ( pasal 11 peraturan pemerintah No. 33/1995 jo. Pasal 50 Peraturan Pemerintah no. 5/1975).

Dalam surat tersebut, biasanya ada beberapa bagian penting yang diisi yaitu :
  • Pejabat yang memberi perintah
  • Nama pegawai yang diberikan perintah mengadakan perjalanan
  • Jabatan/Pangkat pegawai yang diperintahkan
  • Waktu Perjalanan Dinas
  • Maksud atau Tujuan Perjalanan Dinas
  • Tanggal berangkat dan tanggal tiba

Nah, bagi anda yang ingin mendownload atau sekedar melihat Form surat perjalanan dinas silahkan anda lihat dengan mengklik link dibawah ini :

Nah, itulah Contoh Surat Perjalanan Dinas versi lama, untuk versi terbaru akan saya upload beberapa hari ke depan.

Mungkin anda tertarik membaca artikel saya yang lain :

0 comments:

Post a Comment

Malu Bertanya Sesat di Jalan