Home » » Sejarah dan Pengertian Domain

Sejarah dan Pengertian Domain

Mumpung pekerjaan sudah beres dan ada waktu buat nulis, saya ingin sekali berbagi pemahaman tentang Sejarah dan Pengertian Domian, ya meski diluar sana banyak sekali artikel yang bertebaran membahas tentang Sejarah dan Pengertian Domain
Baca juga : Choosing a Good Domain Name

Sejarah Domain

Bila kita menengok ke belakang, perkembangan domain tidak lepas dari perkembangan internet, keduanya seperti anak kembar yang selalu tumbuh bersama dalam satu asuhan. Supremasi Paman Sam memberikan konstribusi yang besar bagi perkembangan domain. Pada tahun 1985, hanya enam domain saja yang terdaftar yaitu Symbolics.com menjadi yang pertama sebagai website yang mendaftarkan dirinya menjadi domain dengan ekstensi .com (commercial).
sejarah domain

Seiring perkembangan teknologi, maka pada tahun 1998 Departemen Perdagangan Amerika Serikat mengeluarkan proposal Privatisasi DNS (Domain Name System) yang dikenal dengan nama Green Paper yang bertujuan meningkatkan persaingan pasar. Namun kemudian Green Paper mendapat pertentangan dari White Paper yang mengajukan pembentukan ICANN ( Internet Corporation for Assigned Names and Numbers) sebagai pengganti pemerintah Amerika Serikat dalam hal control atas internet.

Pengertian Domain

Domain merupakan nama unik yang diberikan sebagai identitas atau identifikasi Name Server Computer seperti Web Server dan Email Server dalam jaringan computer atau internet. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah netizen pada saat melakukan akses ke server dan mempermudah ingatan tanpa harus menghafal alamat IP yang berupa angka menjadi huruf. Contoh alamat IP (Internet Protocol ) adalah 198.3.21.211 dan sebagainya.
pengertian domain

Nama Domain juga dikenal sebagai entity, yaitu suatu kesatuan yang utuh dari sebuah website. Nama Domain juga dikenal sebagai URL atau alamat website. Dalam ilmu matematika, istilah domain dikenal sebagai wilayah asal, area atau tempat. Apabila kita mengartikan secara bebas, pengertian wilayah atau daerah hampir sama dengan alamat, maka pengertian nama domain juga seperti itu.