Home » » Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas

Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas

Kegiatan Blogging tidak terlepas dari kegiatan menulis, untuk itu Sobat perlu memahami pengertian hakikat menulis agar dapat lebih memahami secara gamblang dan jelas aktifitas Sobat. Selain menulis, seorang blogger juga dituntut mempunyai kreatifitas yang tinggi agar menghasilkan sebuah blog yang berkualitas.

Seperti apa sih blog yang berkualitas? Blog yang berkualitas dapat dinilai dari hal-hal berikut ini :

  1. Traffic, semakin banyak atau semakin tinggi traffic blog, maka akan semakin berkualitas pula blog tersebut dan ini memberikan alasan kenapa orang mengunjugi blog tersebut
  2. Memberikan Permasalahan dan penyelesaian sekaligus, ingatlah bahwa orang mencari informasi dari internet untuk menyelesaikan permasalahan yang ingin diselesaikannya, jika Sobat mempunyai blog yang bisa menyelesaikan masalah orang lain, maka orang tersebut akan kembali mengunjungi blog Sobat sebagai referensi dan tentu orang tersebut akan mempromosikan blog Sobat. Anggap saja itu sebagai promosi gratis bagi blog Sobat.

Untuk mengetahui ukuran kualitas sebuah blog, silahkan baca Mengukur Kualitas Website dan Cara meningkatkan kualitas website/blog agar lebih lengkap.

Kembali kepada pembahasan kita tentang bagaimana sih tips menulis artikel blog yang berkualitas?. Untuk dapat menerbitkan sebuah tulisan blog yang berkualitas, setidaknya Sobat harus memenuhi beberapa persyaratan ini :

  1. Kecakapan menulis (Kemahiran Berbahasa dan Menulis)
  2. Referensi
  3. Gaya Bahasa
  4. Menguasai tema atau pembahasan
  5. Dibuat untuk manusia, bukan untuk mesin


Jika Sobat sudah merasa mempunyai empat poin diatas, apa salahnya jika Sobat mulai menulis agar kemudian bermanfaat bagi pembaca Sobat.

Kecakapan Menulis

Pengertian Kecakapan Menulis adalah kemampuan merangkaikan kata-kata agar menjadi sebuah kalimat yang efektif dan dapat dipahami secara sederhana sehingga ketepatan penggunaan kata dalam sebuah tulisan itu tercapai.

Silahkan Baca : Ketepatan Kata Dalam Sebuah Tulisan

Referensi

Referensi adalah rujukan yang memberikan Sobat batasan-batasan dalam menulis, sehingga isi dan materi yang ingin disampaikan tidak ngawur.

Gaya Bahasa

Setiap orang punya gaya tersendiri dalam menyampaikan sesuatu baik melalui aktifitas tulisan atau lisan. Gaya bahasa yang digunakan oleh setiap orang akan berbeda, Sobat dan saya tentu akan berbeda dalam menyampaikan sebuah idea tau gagasan, betul?

Menguasai Tema

Sobat seorang petani dan menyampaikan bagaimana cara membangun rumah? Apakah ada sinergitas antara disiplin keilmuan Sobat dan tema yang Sobat sampaikan? Saya rasa tidak? Jadi, yang dimaksud menguasai tema disini adalah menulislah sesuai kemampuan Sobat

Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas

Memasuki poin penting dalam artikel ini, siapkanlah diri Sobat dari sekarang agar tidak menjadi copasser atau apalah apalah karena Sobat sendiri pasti sudah mengetahuinya bahwa Artikel/Tulisan yang berkualitas penting bahkan sangat penting untuk SEO.

Jika Sobat ingin mempunyai blog yang berkualitas plus artikel yang berkualitas pula, sobat wajib membaca tulisan ini :

Fahami Keinginan Pembaca

Sebenarnya ini sangat mudah ditebak, dengan memperhatikan keyword popular yang terdapat di situs sobat. Dengan memahami keinginan pembaca tersebut, anda bisa menyediakan beberapa artikel yang berhubungan satu sama lain, silahkan baca tips ini : Cara Riset Keyword 100% Ampuh.

Menurut Om Google, sebaiknya perhatikan apa yang orang ketik untuk mereka cari di internet, karena setiap pengguna internet akan sangat “beda” dalam mencari informasi.

Gunakan Bahasa yang Baik, Sopan dan Mudah dimengerti

Penggunaan tata bahasa baku sesuai standar bahasa sangat penting untuk menunjang kualitas sebuah blog, google sangat memperhatikan isi dari blog yang anda kelola. Materi apa yang ingin anda sampaikan harus tetap sesuai dengan bahasa yang baku. Ya meski setiap orang berbeda dalam penyampaian materi melalui “Gaya Bahasa” yang dikuasainya.

Ada Masalah, Ada Solusi

Sobat menulis sebuah masalah, namun diakhir tulisan sobat tidak menyelesaikan masalah yang sobat sampaikan. “Bisa masuk, tidak bisa keluar”, artinya pembaca menemukan jalan buntu atau lebih parah terperangkap dalam masalah sehingga secara cepat menutup blog sobat kurang dari 1 menit. Mengenaskan sekali, artinya Bounce rate atau rasio pentalan anda sangat buruk sekali.

Note: “Jika anda memiliki blog dengan rasio pentalan (Bounce Rate) yang tinggi, itu merupakan tanda bahwa kualitas blog sobat sangat buruk”. Ulasan tentang Bounce Rate 

Dibuat Sendiri, Original, Terpercaya

Bila anda terpaksa menulis ulang atau republish artikel orang lain, sebaiknya sertakan sumber tulisan tersebut, itu sedikit lebih baik dibandingkan tidak mencantumkan link sumber sama sekali. Yang paling best diantara itu adalah menulis sendiri artikel sobat dengan tangan sobat yang menari lincah di keyboard.
Tips Menulis Artikel Blog Berkualitas
Informasi yang “Terpercaya” sangat disukai oleh mesin pencari atau bahkan manusia yang ditargetkan untuk menjadi pembaca di blog sobat.

Perhitungkan Jumlah Link Internal atau Eksternal

Inbound Link ataupun Outbound link sangat penting untuk mendongkrak SEO selain template dan pemasangan embel-embel meta tag description atau meta keywords otomatis. Oh ya, temukan pengertian Outbound Link dan Inbound Link dalam tulisan saya di blog ini.

Baca : Pengertian Outboubd Link

Baca Juga : Pengertian Outbound Link

Demikian artikel tentang Tips Menulis Artikel Berkualitas ini selesai saya sampaikan, ya meski saya sendiri sangat malas untuk menulis artikel yang berkualitas. Semoga bermanfaat bagi kita.