Persyaratan Melamar Kerja

Bekerja atau Mempunyai Pekerjaan merupakan tujuan hampir semua orang. Terlepas anda mempunyai usaha sendiri atau tidak, apakah anda Owner atau Worker akan tetap disebut sebagai "Kerja". Kerja bukan hanya merupakan KATA atau UNGKAPAN, Kerja adalah suatu Sistem yang terbangun dari keinginan manusia untuk mempertahankan diri atau sebagai salah satu alat Eksistensi Kehidupan.
Permasalahannya, apakah kerja itu menguntungkan bagi diri anda sendiri dan juga bagi orang lain, atau sebaliknya merugikan anda dan menguntungkan orang lain atau bisa juga menguntungkan anda dan merugikan orang lain. ♚❤
Kerja adalah motivasi untuk mencapai taraf kehidupan yang diinginkan dan dicita-citakan oleh setiap insan di bumi ini.

Ketika anda melamar seseorang, dan calon mertua anda bertanya " Kerja dimana, dek?" .

Apa jawaban anda ? "Kerja di anu" "Tidak Bekerja" atau "sedang mencari kerja".??

Atau Anda bingung mau jawab apa??

Diatas sekilas intermezo tentang sebuah artikel yang akan saya tulis disini yaitu "Persyaratan Melamar Kerja" yang harus anda penuhi. Artikel ini hanya berisi saran - saran saja, tidak lebih dari itu. Karena urusan kerja sebenarnya ada pada diri pribadi anda. Apakah mau menjadi "Job Seeker" atau "Job Provider".

Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja bahwa jumlah pencari kerja tiap tahun di Indonesia terus bertambah sementara jumlah lapangan kerja yang tersedia semakin sedikit dan akibatnya Penyakit Masyarakat merebak dimana-mana.
persyaratan+melamar+kerja

Nah, bagi anda sebagai calon tenaga kerja baru dan akan memasuki dunia kerja, persyaratan ini harus anda penuhi diantaranya :

  1. Jenjang Pendidikan, kebanyakan perusahaan menerapkan jenjang pendidikan terendah adalah setingkat SLTA untuk dapat diterima sebagai Pekerja atau Karyawan. Pendidikan yang minimal tersebut tentunya akan sebanding dengan bidang pekerjaan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  2. Jenis Keahlian, bagi anda yang tidak bersekolah dan tidak mempunyai Sertifikat Keahlian seharusnya mendapatkan peluang kerja yang sama dengan orang-orang yang bersekolah. Sudah seharusnya pemerintah memberikan solusi yang terbaik bagi para "Ahli" yang tidak tercatat secara administrasi.
  3. Motivasi Kerja, kebanyakan saat wawancara, anda akan ditanya "Apa Motivasi Anda Bekerja Di Perusahaan Ini?". dan Jawabannya sudah tentu akan sama yaitu "Ekonomi". Perlu anda ketahui, bahwa jawaban tersebut akan dianggap salah dan bisa-bisa anda tidak akan diterima diperusahaan tersebut. Mari saya kasih tau jawaban yang tepat  atas pertanyaan tersebut. "Saya harap, setelah diterima diperusahaan bapak/ibu, saya bisa memberikan konstribusi yang positif untuk perusahaan dan memberikan dampak yang baik sehingga perusahaan ini menjadi semakin maju". Jawaban yang sederhana bukan?, Namun memberi makna yang luar biasa.....
Diatas hanyalah sekelumit persyaratan umum saja. Secara administrasi, jika anda mau melamar kerja anda perlu mempersiapkan :
  • Surat Lamaran Pekerjaan (Penting dan Bisa anda baca blog ini)
  • Identitas, meliputi Kartu Tanda Penduduk / SIM dan Kartu Keluarga
  • Bukti Pendidikan Terakhir berupa Ijazah
  • Sertifikat Keahlian
  • Kartu Tanda Pencari Kerja dari DEPNAKERTRANS
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK / Police Record,
  • Foto Diri atau disebut juga pas foto
  • Sertifikat Kerja terdahulu atau disebut paklaring
Rupanya cukup sekian artikel tentang Persyaratan Melamar Kerja ini saya buat, harapan saya semoga bermanfaat

Cara Memasang Modem

Cara Memasang Modem

Sebenarnya sangat mudah, anda punya laptop dan modem. tinggal colokin aja tuh modem. Gak harus pake tutorial kan?? Tetapi jika anda butuh panduan yang selengkapnya, saya akan mencoba menjelaskan langkah demi langkah agar anda faham.

Pertama
Anda harus punya modem, kalau tidak punya, abaikan saja tutorial ini. Saya sendiri menggunakan modem jenis mobile link HSPA, lumayan koneksi internet bisa sampai 7,2 Mbps. Pengertian Internet sendiri adalah suatu koneksi jaringan yang saling terhubung. Namun, anda harus bijak menggunakan internet


Kedua
Pulsa, ini sangat penting, tetapi sebelumnya anda harus punya SIM Card karena akan mustahil jika anda punya pulsa tanpa punya SIM Card, terkecuali pulsa token listrik. Jika tidak punya anda harus Belanja pulsa dulu untuk beli paket internet


Ketiga
Modem udah, pulsa udah, sekarang waktunya anda beli paket internet yang bulanan aja, terserah anda mau pake SIM Card dan Provider apaan yang penting Kualitas sinyal bagus.


Keempat atau langkah terakhir
[PENTING] Apa anda sudah punya laptop? kalau sudah sekarang nyalakan laptop anda. Colokan Modem dan Install, setelah ter Install saatnya anda klik Connect dan selamat ber Internet ria.

Aneka Resep Tom Yum

Hai temen2 dan ibu-ibu semuanya, jumpa lagi dengan admin yang kece badai yang cakep sepanjang masa. Gimana kabar semuanya? Alhamdulillah sehat ya... Pada kesempatan kali ini, admin yang cantik ini akan membagi aneka resep tom yum, tetapi sebelumnya ibu-ibu harus baca juga resep admin yang ini Cara Membuat Donat.

Mungkin bagi sebagian ibu ada yang tidak tahu apa itu tom yum, Tom Yum adalah masakan khas thailand dan apa salahnya kalo ibu coba masak ini dirumah sebagai menu makanan untuk keluarga, Yuk kita simak resepnya dibawah ini :


Aneka Resep Tom Yum

Nah, langsung saja pada resep yang pertama yaitu :

Tom Yum Tahu

Tom Yum Tahu dan Telur Puyuh

 Bahan-bahan
1/4 gram Udang
1/4 gram Cumi-cumi
2 buah Tahu
10 butirTelur Puyuh

Bumbu yang dihaluskan :
1 ons Cabe Merah
5 Siung bawang Merah
3 Siung Bawang Putih
2 Lembar Daun Jeruk
1 buah Tomat
10 buah Cabe Rawit

Bahan Tambahan :
2 Batang Serai (diiris)
5 Lembar Daun Jeruk
1 batang Daun Seledri
1 buah Tomat
1 buah Jeruk Nipis (diperas) secukupnya
Air secukupnya
Garam

  1. Langkah Semua bumbu yang dihaluskan, pertama-tama digoreng dahulu biar wangi lalu diblender. 
  2. Didihkan air (jangan terlalu banyak, biar kuahnya agak kental) lalu masukan semua bumbu halus, cumi, udang, tahu, telur puyuh, serai, daun jeruk, dan garam secukupnya. 
  3. Bila bahan utama sudah masak, masukkan tomat, daun seledri dan perasan jeruk nipis. Aduk sebentar, dan selesi.
Resep Tom Yum Kedua :

Tom Yum Udang

Tom Yum Udang 

Bahan-bahan :
150 gram udang secukupnya 

Bumbu halus: 
3 siung bawang putih
3 butir kemiri
3 buah cabe rawit
3 buah cabe keriting 

Bahan pelengkap: 
2 ruas jahe iris tipis secukupnya
daun bawang iris kasar secukupnya
daun seledri secukupnya
wortel iris/
sayuran lain secukupnya
garam secukupnya
gula
1 sendok makan minyak ikan secukupnya
merica 

Cara Membuatnya :

  1. Langkah Kaldu udang: Rebus kepala dan kulit udang dengan garam dan merica hingga air menjadi keruh. Buang kulit dan kepala udang. 
  2. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak hingga harum. 
  3. Masukan jahe, wortel, daun bawang, seledri, lengkuas, garam, gula, merica dan minyak ikan. + Tuang kaldu udang, masukkan udang dan tofu. Setelah matang dan sayuran empuk, koreksi rasa, matikan api. dan siap dihidangkan 
 Resep Tom Yum yang ketiga :

Tom Yum Jawa

Tom Yum Jawa 
Bahan-bahan 
250 gramUdang Windu
250 gramTempe
2 buah Tomat
3 buah Cabai (Cabe) Merah
5 buah Cabai (Cabe) Rawit Hijau
3 buah Bawang Merah
2 buah Bawang Putih
400 ml Air
2 sendok makan Minyak Goreng
1 1/2 sendok teh Garam
1/2 sendok teh Gula Pasir 
Cara Membuatnya :

  1. Langkah Rebus tempe dengan air. Sementara itu iris semua bumbu dan tomat. Tumis bumbu.
  2.  Masukkan udang beserta kepalanya, lalu masukkan bumbu tumis dan daun singkil. Tambahkan gula dan garam. 
  3. Angkat sajikan.
Itulah 3 aneka resep tom yum yang enak, selamat berkreasi ya ibu

PEDOMAN PENYUSUNAN APBDesa

URAIAN PEDOMAN PENYUSUNAN APBDESA
TAHUN ANGGARAN 2016

Sinkronisasi Kebijakan Pemerintah Desa Dengan Kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Lebak.

Dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2016 dijelaskan bahwa RKPD Tahun 2016 merupakan penjabaran tahun ketiga dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2014-2019 dan juga merupakan kesinambungan upaya pembangunan yang terencana dan sistematis serta dilaksanakan baik masing-masing maupun seluruh komponen daerah dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang tersedia secara optimal, efisien, efektif dan akuntabel dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kualitas hidup manusia dan masyarakat secara berkelanjutan.
PEDOMAN PENYUSUNAN APBDesa

RKPD memuat rancangan kerangka ekonomi daerah; program prioritas pembangunan daerah; dan rencana kerja, pendanaan dan prakiraan maju, sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008 Tentang Tahapan, Tatacara Penyusunan, Pengendalian, Dan Evaluasi Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah.

Mengacu pada arah kebijakan pembangunan daerah sebagaimana yang tercantum dalam RPJMD Kabupaten Lebak Tahun 2014-2019, maka Tema Pembangunan Daerah pada Tahun 2016 yaitu “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat melalui Pemantapan Pembangunan Perekonomian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia”

Berdasarkan tema pembangunan tersebut, maka dirumuskan prioritas pembangunan sebagai berikut :

  • Peningkatan Perekonomian Daerah Melalui Pemberdayaan Potensi Unggulan
  • Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas
  • Peningkatan ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur Wilayah
  • Penataan, Pengelolaan dan Peningkatan Daya Dukung Lingkungan Hidup serta Mitigasi Bencana.
  • Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Pembangunan Perdesaan.
Sesuai dengan Tema dan Prioritas Tahun 2016 tersebut,maka target Makro Pembangunan Daerah Kabupaten Lebak adalah sebagai berikut :

  • Pertumbuhan ekonomi ditargetkan untuk tumbuh sekitar 5 persen;
  • Jumlah penduduk miskin 6,64 persen;
  • Tingkat pengangguran terbuka diperkirakan sebesar 6,80 persen;
  • Indeks Pembangunan Manusia 69,44 persen.
Berdasarkan uraian tersebut, pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintahan Desa pada Tahun 2016 harus disinkronkan dengan Pembangunan Daerah Kabupaten Lebak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa, bahwa Prioritas, program dan kegiatan Pembangunan di Desa dirumuskan berdasarkan penilaian terhadap kebutuhan masyarakat Desa yang meliputi:

  • peningkatan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan Desa;
  • peningkatan kualitas dan akses terhadap pelayanan dasar;
  • pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur dan lingkungan berdasarkan kemampuan teknis dan sumber daya lokal yang tersedia;
  • pengembangan ekonomi pertanian berskala produktif;
  • pemanfaatan teknologi tepat guna untuk kemajuan ekonomi;
  • pendayagunaan sumber daya alam;
  • pelestarian adat istiadat dan sosial budaya Desa;
  • peningkatan kualitas ketertiban dan ketenteraman masyarakat Desa berdasarkan kebutuhan masyarakat Desa; dan
  • peningkatan kapasitas masyarakat dan lembaga kemasyarakatan Desa.

II. PRINSIP PENYUSUNAN APBDesa

Penyusunan APBDesa Tahun Anggaran 2016 didasarkan prinsip sebagai berikut:

  1. Sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan Desa berdasarkan urusan dan kewenangannya;
  2. Tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan;
  3. Transparan, untuk memudahkan masyarakat mengetahui dan mendapatkan akses informasi seluas-luasnya tentang APBDesa;
  4. Partisipatif, dengan melibatkan masyarakat;
  5. Memperhatikan asas keadilan dan kepatutan; dan
  6. Tidak bertentangan dengan kepentingan umum, peraturan yang lebih tinggi dan peraturan Desa lainnya.
  7. Semua penerimaan (baik dalam bentuk uang, maupun barang dan/atau jasa) dianggarkan dalam APBDesa,
  8. Seluruh pendapatan dan belaja dianggarkan secara bruto.
  9. Jumlah pendapatan merupakan perkiraan terukur dan dapat dicapai serta berdasarkan ketentuan perundang-undangan.
  10. Penganggaran pengeluaran harus didukung dengan adanya kepastian ketersediaan penerimaan dalam jumlah cukup dan harus didukung dengan dasar hukum yang melandasinya.

III. KEBIJAKAN PENYUSUNAN APBDesa

Kebijakan yang perlu mendapat perhatian pemerintah Desa dalam penyusunan APBDesa Tahun Anggaran 2016 terkait dengan pendapatan Desa, belanja Desa dan pembiayaan Desa.

Pendapatan Desa

Pendapatan Desa yang dianggarkan dalam APBDesa Tahun Anggaran 2016 merupakan perkiraan yang terukur secara rasional dan memiliki kepastian serta dasar hukum penerimaannya. Pendapatan Desa meliputi semua penerimaan uang melalui rekening Desa yang merupakan hak Desa dalam 1 (satu) tahun anggaran yang tidak perlu dibayar kembali oleh Desa.

  1. Pendapatan asli Desa, Pendapatan asli Desa adalah penerimaan Desa yang diperoleh atas usaha sendiri sebagai pelaksanaan otonomi Desa, baik dalam bentuk hasil usaha Desa, hasil kekayaan Desam hasil swadaya dan partisipasi, hasil gotong royong, dan lain-lain pendapatan asli Desa yang sah.
  • Hasil usaha Desa Hasil usaha Desa adalah seluruh hasil usaha perekonomian Desa yang dikelola dalam bentuk badan hukum atau secara swakelola oleh pemerintah Desa yang menimbulkan penerimaan bagi pendapatan Desa. Contoh Badan Usaha Milik Desa (Bum-Desa), Lumbung Pangan Masyarakat Desa (LPMAD), Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP), Hasil usaha melalui kerjasaman Desa dengan pihak ketiga, dan lain-lain hasil usaha Desa yang sah.
  • Hasil pengelolaan kekayaan Desa: Hasil kekayaan Desa adalah seluruh kekayaan Desa yang dilakukan secara swakelola oleh pemerintah Desa yang menimbulkan penerimaan bagi pendapatan Desa. Seperti Tanah Kas Desa, Pasar Desa Desa, Pasar Hewan, Tambatan Perahu, Pelelangan Ikan yang dikelola oleh Desa, dan lain-lain kekayaan milik Desa.
  • Swadaya dan partisipasi, serta Gotong royong masyarakat: Swadaya dan partisipasi, serta Gotong royong masyarakat adalah seluruh bentuk kontribusi masyarakat Desa, baik dalam bentuk barang dan tenaga (yang dapat dinilai dengan uang) maupun dalam bentuk uang yang menimbulkan penerimaan. Seperti Penyediaan bahan baku lokal, Partisipasi dan gotong royong masyarakat dalam membangun kantor Desa.
  • Lain-lain pendapatan asli Desa yang sah: Lain-lain pendapatan asli Desa yang sah adalah penerimaan Desa (yang tidak diperoleh dari hasil hasil usaha Desa, hasil kekayaan Desa, hasil swadaya dan partisipasi, dan hasil gotong royong masyarakat),seperti hasil penjualan kekayaan Desa.


Transfer.


  • Dana Desa: Dana Desa adalah dana yang bersumber dari anggaran pendapatan dan belanja negara yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui anggaran pendapatan dan belanja kabupaten/kota dan digunakan untuk membiayai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat.Dana Desa dianggarkan sesuai Peraturan Bupati tentang Penetapan Rincian Besaran Bantuan Keuangan Kepada Pemerintahan Desa Di Kabupaten LebakTahun Anggaran 2016. Apabila Peraturan Bupati tersebut belum ditetapkan, penganggaran pendapatan dari Dana Desa didasarkan pada tahun sebelumnya.
  • Bagian dari Hasil Pajak Daerah Kabupaten/Kota dan Retribusi Daerah: Bagian dari hasil pajak Daerah dan retribusi Daerah Kabupaten/Kota merupakan salah satu sumber pendapatan Desa yang berasal dari bagian hasil pajak Daerah dan retribusi daerah kabupaten/kota. Bagian dari Hasil Pajak Daerah Kabupaten/Kota dan Retribusi Daerah dianggarkan sesuai Peraturan Bupati tentang Penetapan Rincian Besaran Bagi Hasil Kepada Pemerintahan Desa Di Kabupaten Lebak Tahun Anggaran 2016. Apabila Peraturan Bupati tersebut belum ditetapkan, penganggaran pendapatan dari Dana Desa didasarkan pada tahun sebelumnya.
  • Alokasi Dana Desa (ADD).: Alokasi Dana Desa, selanjutnya disingkat ADD, adalah dana perimbangan yang diterima kabupaten/kota dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah kabupaten/kota setelah dikurangi Dana Alokasi Khusus yang selanjutkan dialokasikan ke Desa. Alokasi Dana Desa dianggarkan sesuai Peraturan Bupati tentang Penetapan Rincian Besaran Bantuan Keuangan Kepada Pemerintahan Desa Di Kabupaten LebakTahun Anggaran 2016. Apabila Peraturan Bupati tersebut belum ditetapkan, penganggaran pendapatan dari Dana Desa didasarkan pada tahun sebelumnya.
  • Bantuan keuangan dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten/Kota.: Adalah bantuan keuangan dari pemerintah propinsi dan kabupaten kepada Desa merupakan upaya untuk mendukung pembangunan pemerintah Desa dalam melaksanakan program dan kegiatan. Bantuan Keuangan dapat bersifat khusus dan bersifat umum. Bantuan keuangan dianggarkan apabila sudah ada dasar hukum atau ketetapan yang sah yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi dan atau Pemerintah Kabupaten Lebak.


Pendapatan Lain-lain


  • Hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga.: Hibah dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak ketiga yang diterima oleh pemerintah desa berupa dana tunai.
  • Lain-lain pendapatan Desa yang sah.: Lain-lain pendapatan Desa yang sah antara lain pendapatan sebagai hasil kerjasama dengan pihak ketiga dan bantuan perusahaan yang berlokasi di desa. Pendapatan lain-lain dianggarkan apabila sudah ada kesepakatan tertulis antara Pemerintah Desa dan Pemberi.

Cara Membuat Donat

Hai Temanz, selamat pagi, perkenalkan saya kontributor baru di Blog ini. Tidak lupa ucapan terima kasih kepada Om Hedi yang telah mengundang saya untuk menjadi penulis. ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kepercayaan beliau terhadap saya.

Pada kesempatan yang berbahagia saya ingin berbagi Resep Cara Membuat Donat yang empuk ala kafe-kafe dan tentunya sehat dong karena tanpa bahan pengawet atau pun borax. 
Cara Membuat Donat

Langsung saja menuju dapur ibu, tetapi sebelumnya harus pergi ke pasar atau supermarket untuk membeli bahan-bahan berikut ini :
  1. Tepung Terigu Tinggi Protein
  2. Tepung Terigu Rendah Protein
  3. Milk Powder
  4. Gula Halus
  5. Bread Softener
  6. Susu Cair
  7. Gula Pasir
  8. Fermipan (Ragi)
  9. Telur
  10. Margarine
  11. Mentega Putih
  12. Topping
Langkah berikutnya adalah menyiapkan bahan bahan tersebut, Bahan diatas terbagi kedalam empat golongan yaitu Bahan A, B, C dan Bahan D.

Untuk ukuran dan bahan A siapkan :


450 gram tepung terigu protein tinggi
100 gram tepung terigu protein sedang
20 gram susu bubuk full cream
50 gram gula halus
1 sendok teh garam
1 sendok teh bread softener

Bahan B siapkan :

250 mililiter susu cair segar
1 sendok makan gula pasir
1 sendok makan ragi instant

Bahan C siapkan :

2 butir kuning telur (kocok tangan sekitar 2 menit)

Bahan D siapkan :

40 gram mentega putih
30 gram margarine
Topping (Sesuai selera )

Langkah-Langkah :
  1. Campur bahan B dan diamkan selama 15 Menit saja
  2. Campur semua bahan A dan aduk rata, kemudian buat lubang ditengah tengah 
  3. Tuang bahan B dan C ke bahan A ,aduk memutar menggunakan garpu dimulai dari tengah sampai semua adonan tercampur dan menggumpal. Bila adonan kering bisa ditambahkan air 1-2 sendok makan. 
  4. Setelah adonan rata masukkan bahan D. Aduk lagi sampai rata. 
  5. Pindahkan adonan ke meja bersih yang telah ditaburi 1 sendok makan terigu terlebih dulu. 
  6. Uleni adonan hingga kalis, licin dan mulus kurang lebih selama 30 menit. 
  7. Diamkan adonan dalam wadah tertutup selama 30 menit.
  8. Letakkan wadah tertutup tersebut di tempat yang hangat
  9. Kempiskan adonan lalu timbang adonan sesuai selera (saya gunakan berat 25gram) 
  10. Bulatkan adonan hingga licin lalu taburi secubit terigu, sampai habis, susun rapi tiap adonan yang telah dibulatkan. 
  11. Setelah selesai dibulatkan,ambil satu adonan ,dimulai dari adonan yang pertama dibilatkan lalu tekan adonan menggunaka rolling pin hingga agak pipih melebar. Lakukan sampai habis. 
  12. Lubangi adonan menggunakan jari atau cetakan donut, lakukan hingga habis.
  13. Panaskan penggorengan dengan menggunakan banyak minyak, gunakan api kecil 
  14. Goreng adonan selama 1 menit untuk tiap tiap sisi, totalnya 2 menit. Hal ini untuk mengurangi penyerapan minyak dan agar bisa terbentuk white ring pada donat
Nah, selamat mencoba ya ibu-ibu Cara Membuat Donat yang sehat dan bersih.

TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

SINOPSIS 

NOVEL TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK 

Karya HAMKA ( Haji Abdul Muhammad Kharim Amrullah) Tahun 1939

Original Posted by : Ra


Di Negeri Batipuh Sapuluh Koto (Padang panjang) , seorang pemuda bergelar Pendekar Sutan, kemenakan Datuk Mantari Labih, yang merupakan pewaris tunggal harta peninggalan ibunya. Karena tak bersaudara perempuan, maka harta bendanya diurus oleh  mamaknya. Datuk Mantari labih hanya bisa menghabiskan harta tersebut, sedangkan untuk kemenakannya tak boleh menggunakannya. Hingga suatu hari, ketika Pendekar Sutan ingin menikah namun tak diizinkan menggunakan hartany atersebut, terjadilah pertengkaran yang membuat Datuk Mantari labih terbunuh. Pendekar Sutan ditangkap, saat itu ia baru berusia 15 tahun. Ia dibuang ke Cilacap, kemudian dibawa ke Tanah Bugis. Karena Perang Bone, akhirnya ia sampai di Tanah Mengkasar. Beberapa tahun berjalan, Pendekar Sutan bebas dan menikah dengan Daeng Habibah, putri seorang penyebar agama islam keturunan Melayu. Empat tahun kemudian, lahirlah Zainuddin.

Saat Zainuddin masih kecil, ibunya meninggal. Beberapa bulan kemudian ayahnya menyusul ibunya. Ia diasuh Mak Base, teman ayahnya. Pada suatu hari, Zainuddin meminta izin Mak Base untuk pergi ke Batipuh, sumbar, mencari sanak keluarganya di negeri asli ayahnya. Dengan berat hati, Mak Base melepas Zainuddin pergi.

Sampai di Padang, Zainuddin langsung menuju Negeri Batipuh. Sesampai di sana, ia begitu gembira, namun lama-lama kabahagiaannya itu hilang karena semuanya ternyata tak seperti yang ia harpakan. Ia masih dianggap orang asing, dianggap orang Bugis, orang Mengkasar. Betapa malang dirinya, karena di negeri ibunya ia juga dianggap orang asing, sementara di Makassar dia juga dianggap orang asing karena kuatnya adat istiadat pada saat itu. Ia pun jenuh hidup di batipuh, dan saat itulah ia bertemu Hayati, seorang gadis Minang yang membuat hatinya gelisah, menjadikannya alasan untuk tetap hidup di sana. Berawal dari surat-menyurat, mereka pun menjadi semakin dekat dan kahirnya saling cinta.

Kabar kedekatan mereka tersiar luas dan menjadi bahan gunjingan semua warga. Karena keluarga Hayati merupakan keturunan terpandang, maka hal itu menjadi aib bagi keluargany, adat istiadat mengatakan Zainuddin bukanlah orang Minangkabau, Ibunya berasal dari Makassar. Zainuddin dipanggil oleh mamak Hayati, dengan alasan demi kemaslahatan Hayati, mamak Hayati menyuruh Zainuddin pergi meninggalkan Batipuh.
SINOPSIS TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK

Zainuddin pindah ke Padang Panjang (berjarak sekitar 10 km dari batipuh) dengan berat hati. Hayati dan Zainuddin berjanji untuk saling setia dan terus berkiriman surat. Suatu hari, Hayati datang ke Padang Panjang untuk melihat acara pacuan kuda. Ia menginap di rumah temannya bernama Khadijah. Satu peluang untuk melepas rasa rindu pun terbayang di benak Hayati dan Zainuddin. Namun hal itu terhalang oleh adanya pihak ketiga, yaitu Aziz, kakak Khadijah yang juga tertarik oleh kecantikan Hayati. Karena berada dalam satu kota (Padang Panjang) akhirnya Zainuddin dan Aziz bersaing dalam mendapatkan cinta Hayati.

Mak Base meninggal, dan mewariskan banyak harta kepada Zainuddin. Karena itu ia akhirnya mengirim surat lamaran kepada Hayati di Batipuh.Temyata surat Zainuddin bersamaan dengan lamaran Aziz. Zainuddin tanpa menyebutkan harta kekayaan yang dimilikinya, akhirnya ditolak oleh ninik mamak Hayati dan menerima pinangan Aziz yang di mata mereka lebih beradab, dan asli Minangkabau, dan Hayatipun akhirnya memilih Aziz sebaagai suaminya. Zainuddin tak kuasa menerima penolakan tersebut. Apalagi kata sahabatnya, Muluk, Aziz adalah seorang yang bejat moralnya. Namun apalah dayanya di hadapan ninik mamaknya. Setelah penolakan dari Hayati, Zainuddin jatuh sakit selama dua bulan.

Atas bantuan dan nasehat Muluk, Zainuddin dapat merubah pikirannya. Bersama Muluk, Zainuddin pergi ke Jakarta. Di sana Zainuddin mulai menunjukkan kepandaiannya menulis. Dengan nama samaran "Z", Zainuddin kemudian berhasil menjadi pengarang yang amat disukai pembacanya. la mendirikan perkumpulan tonil "Andalas", dan kehidupannya telah berubah menjadi orang terpandang karena pekerjaannya. Zainuddin melanjutkan usahanya di Surabaya dengan mendirikan penerbitan buku-buku.
TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK 2

Karena pekeriaan Aziz dipindahkan ke Surabaya, Hajati pun mengikuti suaminya. Suatu kali, Hayati mendapat sebuah undangan dari perkumpulan sandiwara yang dipimpin dan disutradarai oleh Tuan Shabir atau "Z". Karena ajakan Hyati Aziz bersedia menonton pertunjukkan itu. Di akhir pertunjukan baru mereka ketahui bahwa Tuan Shabir atau "Z"adalah Zainuddin. Hubungan mereka tetap baik, juga hubungan Zainuddin dengan Aziz.

Semenjak mereka Hijrah ke Surabaya semakin lama watak asli Aziz semakin terlihat juga. Ia suka berjudi dan main perempuan. Kehidupan perekonomian mereka makin memprihatinkan dan terlilit banyak hutang. Mereka diusir dari kontrakan, dan mereka terpaksa menumpang di rumah Zainuddin. Di balik kebaikan Zainuddin itu, sebenarnya dia masih sakit hati kepada Hayati yang dulu dianggapnya pernah ingkar janji. Karena tak kuasa menanggung malu atas kebaikan Zainuddin, setelah sebulan tinggal serumah, Aziz pergi ke Banyuwangi mencari pekerjaan dan meninggalkan isterinya bersama Zainuddin. Sepeninggal Aziz, Zainuddin sendiri pun jarang pulang, kecuali untuk tidur.


Beberapa hari kemudian, diperoleh kabar bahwa Aziz telah menceraikan Hayati. Melalui surat Aziz meminta supaya Hayati hidup bersama Zainuddin. Dan kemudian datang pula berita dari sebuah surat kabar bahwa Aziz telah bunuh diri meminum obat tidur di sebuah hotel di Banyuwangi. Hayati juga meminta maaf kepada Zainuddin dan rela mengabdi kepadanya. Namun karena masih merasa sakit hati, Zainuddin menyuruh Hayati pulang ke kampung halamannya saja. Esok harinya, Hayati pulang dengan menumpang Kapal Van Der Wijck.

Setelah Hayati pergi, barulah Zainuddin menyadari bahwa ia tak bisa hidup tanpa Hayati. Apalagi setelah membaca surat Hayati yang bertulis “aku cinta engkau, dan kalau kumati, adalah kematianku di dalam mengenang engkau.” Oleh sebab itulah setelah keberangkatan Hajati ia berniat menyusul Hajati untuk dijadikan isterinya. Zainuddin kemudian menyusul naik kereta api malam ke Jakarta.

Harapan Zainuddin temyata tak tercapai. Kapal Van Der Wijck yang ditumpangi Hajati tenggelam di perairan dekat Tuban. Hajati tak dapat diselamatkan.

Di sebuah rumah sakit di daerah Lamongan, Zainuddin menemukan Hayati yang terbarng lemah sambil memegangi foto Zainuddin. Dan hari itu adalah pertemuan terakhir mereka, karena setelah Hayati berpesan kepada Zainuddin, Hayati meninggal dalam dekapan Zainuddin. Sejak saat itu, Zainuddin menjadi pemenung. Dan tanpa disadari siapapun ia meninggal dunia. Kata Muluk, Zainuddin meninggal karena sakit. Ia dikubur bersebaelahan dengan pusara Hayati. 

Sticky Widget Sosial Keren di Blog

Membuat Widget Share Sosial di Blog memang sangat keren, tampilan blog anda akan terlihat keren, elegan dan professional. Tetapi sebelum saya melanjutkan kalimat demi untaian kalimat, terlebih dahulu saya ingin menyapa kabar anda semua, semoga kita semua selalu berada dalam lindungan-Nya.
Sticky Widget Sosial Keren di Blog

Pada kesempatan malam hari yang berbahagia ini, marilah kita sama-sama mengucap puja dan puji kepada Tuhan yang maha esa semoga kita menjadi manusia yang bermanfaat bagi sesama. Pidato ni yeeee......

Oke guys, kita langsung saja pada pokok persoalan yang akan saya sampaikan dengan kategori Tutorial. Dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya akan mencoba share Cara Membuat Sticky Widget Sosial yang keren di blog, mengenai tampilannya bisa anda lihat di sebelah kanan blog ini.

Baca : Cara Menampilkan Postingan Blog di Facebook

Bagaimana cara membuat widget sosial share seperti dalam blog ini, berikut langkah demi langkah agar terpasang rapi di blog anda. Cara pertama login dulu ke akun blogger anda, lalu pilih blog yang akan dipasang widget sosial share. Langkah selanjutnya pilih Template dan masuk ke menu Edit HTML. Jika anda sudah berada di menu Edit HTML sekarang gunakan perintah cepat di Keyboard Anda dengan menekan CTRL+F dan cari kode berikut :

</body>

Setelah anda menemukan kode tersebut, selanjutnya lekatkan kode di bawah ini tepat diatas kode tadi !

<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
(function(){var fb1=document.createElement('script');fb1.type='text/javascript';fb1.async=true;fb1.src='http://connect.facebook.net/id_ID/all.js#xfbml=1','facebook-jssdk';var fb2=document.getElementsByTagName('script')[0];fb2.parentNode.insertBefore(fb1,fb2)})();(function(){var tw1=document.createElement('script');tw1.type='text/javascript';tw1.async=true;tw1.src='http://platform.twitter.com/widgets.js';var tw2=document.getElementsByTagName('script')[0];tw2.parentNode.insertBefore(tw1,tw2)})();(function(){var gp1=document.createElement('script');gp1.type='text/javascript';gp1.async=true;gp1.src='https://apis.google.com/js/plusone.js';var gp2=document.getElementsByTagName('script')[0];gp2.parentNode.insertBefore(gp1,gp2)})();
$(document).ready(function(){
$("#on-top").sticky({topSpacing:0});
});
</script>
<script src='https://googledrive.com/host/0B0Dd8XYrtgdDQS03RzFLSmx6RVE/sticky.js' type='text/javascript'>
//]]>
</script>


Setelah anda melekatkan kode diatas ke dalam struktur HTML, sekarang Simpan Template anda. Setelah tersimpan, selanjutnya menuju menu Tata Letak/Lay Out dan pilih Add Wi/Gadget. Seterusnya pilih Add HTML/JavaScript dan Paste kode dibawah ini kedalamnya.

<div id="on-top"><div style="background:#3498db;font-weight:bold;font-size:150%;text-align:center;padding:10px 0;"><a href="http://www.blogger.com/follow-blog.g?blogID=480124002062836339" target="_blank" title="Follow this blog"><span style="color:#fff">Join</span> <span style="color:#000">Now</span></a></div><div style='background:#fff;margin:0;border:1px solid #ccc;border-bottom:none;border-top:none'><div style='background:#fff;margin:0;'><div class="fb-like-box" data-href="https://www.facebook.com/Heddysblog" data-colorscheme="light" data-show-faces="false" data-header="true" data-stream="false" data-show-border="false"></div></div><div style="background:#fff; border-top:1px solid #ccc;margin:0; padding:5px 0 5px 40px"><a href="https://twitter.com/hedd10" class="twitter-follow-button" data-show-count="true" data-show-screen-name='false' data-lang="id">Ikuti @hedd10</a><div class="g-plusone" data-size="medium" data-count="true" data-width="100" data-href="http://heddysblogger.blogspot.com/"></div></div></div><div class="g-person" data-href="//plus.google.com/+HediSatya" data-layout="landscape" data-rel="author"></div></div>


Sebelum anda menyimpan widget tersebut, lakukan pengeditan terlebih dahulu. Anda perlu mengedit beberapa link sosial media anda

Facebook, Google Plus, Twitter

Ganti semuanya dengan url sosial media anda dan Simpan untuk menyelesaikan pemasangan Widget sosial share di blog anda. Dalam memasang widget ini, tentunya ada sisi kurang dan lebihnya. Sisi lebih dari pemasangan widget ini adalah memudahkan orang lain untuk Like, Share, Follow Be A Friend akun sosial media anda dan sisi kurangnya adalah Loading Blog menjadi lebih berat (Baca : Cara Meringankan Loading Blog) Demikian tutorial tentang Cara membuat Sticky Widget Sosial Keren di Blog semoga bermanfaat.