Cara Check Backlink

April 28, 2013
Selamat Siang dan Selamat berakhir pekan. Bagaimana dengan liburan Anda di hari minggu yang cerah ini? Semoga Anda bisa berkumpul dengan keluarga Anda dalam keadaan yang bahagia, ya, karena bahagia adalah harapan semua orang. tidak ada salahnya jika saya menyampaikan sedikit pengetahuan saya tentang Cara Check Sebuah Backlink yang dimiliki sebuah blog menurut Versi dan Pengalaman saya pribadi. Apakah itu blog anda atau pun blog teman Anda.
Cara Check Backlink

Apakah yang dimaksud Backlink?. Anda yang sudah lama bergelut di blog pasti sudah mengetahuinya apa yang dimaksud dengan Backlink. Secara umum pengertian backlink adalah Link aktif yang ada disebuah web atau blog lain yang mengarah ke Blog kita. Nah, Bagaimana cara mendapatkan sebuah Link aktif tersebut di Blog lain?

Ada beberapa cara yang saya ketahui dari berbagai sumber tentang bagaimana cara mendapatkan link aktif yang mengarah ke blog kita.
  • Metode Tukar Link, namun dalam kasus ini saya sering menemukan kecurangan-kecurangan, yaitu ketidakjujuran blogger lain dalam transaksi tukar menukar link.
  • Komentar di Blog lain, kebanyakan blogger mencari blog Dofollow untuk berkomentar, tetapi jika tidak diimbangi dengan berkomentar di blog nofollow ini akan berakibat tidak baik juga. seharusnya ada keseimbangan antara komentar di Blog dofolow dan nofollow
  • Membangun sebuah internal link, artinya antara postingan yang satu dengan yang lain terdapat korelasi yang sepadan, tentunya ini seperti point dua diatas yaitu tidak berlebihan. sebagai contoh saya membuat Makalah TKI dan Makalah BPK (Maaf udah ane hapus), maka saya membuat internal link antara kedua makalah tersebut dengan kategori dan keywords yang sama.
Terus bagaimanakah cara check backlink seperti judul diatas? Ada beberapa metode yang digunakan oleh para blogger, 
  1. Cara yang paling sehat adalah Check backlink di Google Webmaster Tool. Untuk blog ini Anda bisa check di : https://www.google.com/webmasters/tools/external-links?hl=en&siteUrl=http://heddysblogger.blogspot.com/ , yaitu dengan cara masuk ke Google Webmaster Tool dan Klik menu Traffic > Link Your Site atau Internal Link
  2. Cara Kedua adalah Alexa,  dengan berpartisipasi di alexa Anda dapat mengetahui Ranking Blog atau Website Anda secara Global maupun lokal, untuk Heddy'sBloG saya menggunakan Indonesia sebagai Lokal Rank nya. Bagi Anda para newbie silahkan cari "Cara Mendaftarkan Blog di Alexa dan Submit Blog di Alexa" kebetulan saya tidak memposting artikel tersebut, karena sudah banyak blog-blog lain yang memuat artikelnya.
  3. Daftar di www.searchmetrics.com, silahkan ikuti petunjuk pendaftaran yang ada, di search engine metrics Anda bisa check semuanya.
Itu adalah 3 cara yang saya gunakan dan saya percayai, walaupun banyak cara yang digunakan untuk check backlink tetapi kredibilitasnya saya secara pribadi meragukannya

Artikel Terkait

Previous
Next Post »