Pendekatan dan Pembelajaran Konstektual (CTL)

Setelah saya kemarin dalam Artikel Pengabaian Pelajaran Bahasa dan Metode CTL menjanjikan akan membuat postingan tentang Pengertian CTL, sekarang saatnya saya menepati janji saya. Baca dan Perhatikan !!!!


Pendekatan kontekstual (CTL) adalah pendekatan pembelajaran yang karakteristiknya memenuhi harapan itu. Sekarang pembelajaran kontekstual menjadi tumpuan dan harapan para ahli pendidikan dan pengajaran dalam upaya menghidupkan kelas secara maksimal.
Menurut Nurhadi, dkk (2004 : 4) Pembelajaran kontekstual merupakan suatu konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Dengan konsep itu, hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa

Pembelajaran kontekstual merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang menekankan pentingnya menghadirkan lingkungan alamiah dalam proses belajar mengajar agar kelas lebih hidup dan bermakna karena siswa mengalami sendiri apa yang dipelajarinya.

Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan yang memungkinkan siswa untuk menguatkan, memperluas dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan akademik mereka dalam berbagai macam tatanan kehidupan baik di sekolah maupun di luar sekolah. Selain itu siswa dilatih untuk dapat memecahkan masalah yang mereka hadapi dalam bentuk simulasi.
Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan tekhnik pembelajaran yang sangat baik untuk diterapkan pada kegiatan belajar mengajar dikelas. Pendekatan CTL ini sangat baik untuk diaplikasikan pada materi-materi yang berkaitan dengan pragmatik (empat keterampilan berbahasa), yaitu membaca, menulis, menyimak, dan berbicara.
Pendekatan dan Pembelajaran Konstektual (CTL)
Bagan Metode CTL
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?