5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Siapa sih yang tidak ingin mempunyai Berat Badan yang ideal?, pastinya semua ingin mempunyai bentuk tubuh yang indah dan sedap di pandang mata. Secara Umum Rumus Perhitunggannnya adalah sebagai berikut. Cara paling mudah untuk menentukan tingkat kegemukan adalah dengan mencari nilai BMI (Body Mass Index/Indeks Massa Tubuh). Rumus BMI adalah Berat Badan (BB) dalam kg dibagi dengan Tinggi Badan (TB) dalam meter dikuadratkan.

BMI = BB (kg)/TB2 (m2)

Berikut adalah skala penilaian BMI :
  • BMI < 18,5      : BB rendah
  • BMI 18,5-24,9 : BB normal
  • BMI 25,0-29,9 : BB lebih
  • BMI 30,0-34,9 : Obesitas kelas I
  • BMI 35,0-39,9 : Obesitas kelas II
  • BMI > 40,0      : Obesitas kelas III
Semakin tinggi nilai BMI, maka seseorang dikategorikan semakin gemuk, dan semakin gemuk, semakin tinggi pula resiko terserang beberapa penyakit berbahaya, seperti Penyakit Jantung Koroner, Hipertensi, Diabetes Mellitus, kanker, penyakit batu empedu, stroke, osteoarthritis (radang sendi), dan gout (asam urat).
Bagi anda yang mempunyai berat badan berlebihan (obesitas) silahkan ikuti petunjuk dibawah ini!
Cara Menurunkan Berat Badan

5 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Menurunkan berat badan ke angka ideal semakin banyak dilakukan para wanita. Tidak hanya karena tuntutan gaya hidup dan menunjang penampilan, tetapi juga meningkatkan kualitas kesehatan. Daripada Anda mengonsumsi obat-obatan yang belum jelas efek sampingnya, gunakan cara mudah ini!

Bob Harper, seorang instruktur acara The Biggest Loser yang disiarkan Amerika Serikat membagi sedikit rahasia mudah ini, dilansir Genius Beauty. Bob telah berhasil menurunkan berat badan banyak orang. Sekarang, giliran Anda!

1. Minum Air

Air adalah sumber keajaiban, dan keajaiban ini bisa mengubah bentuk tubuh Anda. Setiap pagi, mulailah aktivitas dengan segelas besar air. Yup, gelas besar. Minum dengan ukuran yang lebih akan memulai proses metabolisme. Anda juga bisa minum air sebelum makan. Ini adalah cara mudah dan aman untuk membuat perut terasa kenyang sebelum makan, sehingga Anda tidak akan makan berlebihan.

Beberapa orang tidak terlalu suka air putih atau air mineral karena tidak ada rasanya. Anda bisa mengakali hal ini dengan cara menambah irisan lemon atau mentimun untuk menambah cita rasa alami.

2. Konsumsi Protein

Makan sebanyak mungkin protein setiap hari. Konsumsi protein saat sarapan, makan siang dan makan malam. Tentu saja tanpa melupakan asupan karbohidrat dan lemak baik. Protein dapat Anda peroleh dari daging, ayam, ikan, telur, susu, kacang-kacangan, termasuk tempe dan kacang.

Agar lebih efektif, ada baiknya jika sumber protein yang Anda konsumsi tidak diproses dengan goreng. Jangan bayangkan makanan ini tidak terasa, Anda bisa membumbuinya sesuai selera, tetapi pilih proses memasak kukus, rebus, panggang oven atau tumis dengan sedikit minyak.

3. Jangan Sarapan Minuman Manis

Saat pagi hari, jangan memasukkan banyak kalori melalui minuman Anda. Artinya, sebisa mungkin Anda tidak mengonsumsi minuman manis di pagi hari. Hindari kopi yang dicampur gula, sirup krim dan sebagainya. Sebisa mungkin hindari minuman manis di pagi hari. Pilih air putih atau air mineral untuk memulai aktivitas.

4. Ketahui Apa Yang Anda Makan

Makan tidak sekedar memasukkan makanan, mengunyah dan menelan. Anda harus tahu apa yang masuk ke dalam tubuh. Baca semua informasi di label nutrisi, berapa jumlah kalorinya, termasuk komposisi karbohidrat, lemak dan proteinnya.

Jangan salah, snack ringan yang tidak mengenyangkan seringkali mengandung kalori berkali-kali lipat dibandingkan seporsi menu makan siang ukuran sedang.

5. Makan Menu Kesukaan Anda Seminggu Sekali

Makanan kesukaan biasanya enak plus mengandung lemak dan tinggi kalori. Tidak mengonsumsi makanan kesukaan sama sekali bukan hal yang baik, karena saat tubuh Anda mendesak untuk menikmatinya, Anda akan makan dalam jumlah yang besar.

Karena itu, akan lebih baik jika Anda memanjakan lidah sekali dalam seminggu. Buat satu hari khusus di mana Anda bisa menikmati makanan kesukaan tanpa merasa bersalah. Tapi ingat, bukan berarti Anda bisa makan 'enak' sepanjang satu hari, tetapi hanya makan satu porsi makanan enak dalam satu hari.

7 komentar:

  1. wah terima kasih atas infonya sob
    salam kenal :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehee,,, sama2,, salam kenal kembali..

      Hapus
  2. artikelnya sangat bermanfaat sekali,... ditunggu kunjungan baliknya di : pelangsing alami | www.pernikmuslim.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. oke siap... dilaksanakan.. hehhee... maaf baru bals,,, pulsa modem ku abis....

      Hapus
  3. http://the-insidents.blogspot.com

    BalasHapus
  4. Tips nya bagus dalam menurunkan berat badan tanpa olah raga. dengan makanan bergizi dan protein serta air.

    BalasHapus
  5. thanks... silahkan di coba... heheee

    BalasHapus

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?