Teknik Pemeriksaan Keterpercayaan

Agar penelitian ini dapat dipertanggung jawabkan, diperlukan adanya pemeriksaan keterpercayaan sehingga data tersebut dapat dijadikan dasar yang kuat untuk menarik kesimpulan. 

Teknik Pemeriksaan Keterpercayaan yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah review informasi kunci dan triangulasi. Triangulasi adalah tekhnik pemeriksaan validitas data dengan memanfaatkan sarana di luar data itu untuk keperluan pengecekan atau pembandingan data itu (Lexy Moelong dalam Sarwiji Suwandi, 2008:69). Sedangkan Review informasi kunci adalah mengkonfirmasikan data atau interprestasi temuan kepada informasi kunci sehingga diperoleh kesepakatan antara peneliti dan informan tentang data atau informasi temuan tersebut (Sarwiji Suwandi, 2008:69). 





Trigulasi sumber data pada penelitian ini yaitu pemberian tes menulis karangan deskripsi siswa kelas VII dan dan daftar nilai hasil latihan menulis karangan deskripsi. Sedangkan Trigulasi pengumpulan datapada penelitian ini yaitu tugas menulis karangan deskripsi dan diskusi dengan teman sejawat tentang fasilitas yang ada di sekolah. Review informasi kunci, mengadakan diskusi dengan kolaborator tentang kondisi siswa, sikap siswa, kebiasaan siswa yang diamatinya dalam lingkungan sekolah umumnya dan saat pengamatan dalam kegiatan belajar khususnya. Kesimpulan penulis, data di anggap valid apabila data itu dapat mengungkap kebenaran dan dapat digunakan dengan mudah serta dapat digunakan siapa saja. Hedi Putra

0 komentar

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?