Solusi Bijak Bermain Internet

August 03, 2013
Hampir dapat dipastikan bahwa penggunaan internet sangat dibutuhkan, tidak terkecuali kalangan buruh tani, pelajar, mahasiswa/mahasiswi bahkan masyarakat umum pun membutuhkan internet. Internet sebagai media informasi untuk mencari berbagai sumber pengetahuan apabila tidak adanya kontrol yang jelas pemakaiannya tentunya selain menguntungkan juga akan merugikan, itu adalah hukum alam.
Pengertian Internet

Pengertian Internet sendiri adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaidah ini dinamakan internetworking ("antarjaringan") Source : wikipedia

Masih dari sumber yang sama tentang Internet, yaitu Isu Moral dan Undang-Undang tentang kerugian penggunaan internet. Terdapat kebimbangan masyarakat tentang Internet yang berpuncak pada beberapa bahan kontroversi di dalamnya. Pelanggaran hak cipta, pornografi, pencurian identitas, dan pernyataan kebencian (hate speech), adalah biasa dan sulit dijaga. Hingga tahun 2007, Indonesia masih belum memiliki Cyberlaw, padahal draft akademis RUU Cyberlaw sudah dibahas sejak tahun 2000 oleh Ditjen Postel dan Deperindag. UU yang masih ada kaitannya dengan teknologi informasi dan telekomunikasi adalah UU Telekomunikasi tahun 1999.

Internet juga disalahkan oleh sebagian orang karena dianggap menjadi sebab kematian. Brandon Vedas meninggal dunia akibat pemakaian narkotik yang melampaui batas dengan semangat dari teman-teman chatting IRCnya. Shawn Woolley bunuh diri karena ketagihan dengan permainan online, Everquest. Brandes ditikam bunuh, dan dimakan oleh Armin Meiwes setelah menjawab iklan dalam Internet. Kasus lain adalah kejahatan yang terjadi dari jejarig sosial  seperti facebook, twitter, linkedin dll. Kita sering sekali menemukan penipuan, penculikan bahkan kasus pemerkosaan. Hal ini tentunya diakibatkan oleh kurangnya kontrol dan kesadaran pengguna internet (netter)

Lalu Solusi apakah yang terbaik menggunakan atau bermain internet?

Ada sebuah istilah tata tertib internet yang disebut denfan Netiquette. Netiquette merupakan Etika dalam menggunakan Internet. Internet sebagai sebuah kumpulan komunitas, diperlukan aturan yang akan menjadi acuan orang-orang sebagai pengguna Internet, dimana aturan ini menyangkut batasan dan cara yang terbaik dalam memanfaatkan fasilitas Internet.

Sebenarnya Nettiquette in adalah hal yang umum dan biasa, sama hal nya dengan aturan-aturan biasa ketika kita memasuki komunitas umum dimana informasi sangat banyak dan terbuka.

Beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini adalah:

Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall, Hal ini untuk mencegah komputer anda disusupi malware atau virus yang dapat merusak komputer atau mengambil data-data anda.
Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
  • jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
  • jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
  • jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
  • jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
  • jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.
  • Ingatlah bahwa kita berinteraksi dengan manusia. Jangan lupa bahwa orang yang membaca email atau posting kita benar-benar manusia yang memiliki perasaan. Jangan berteriak – gunakan huruf kapital dengan bijaksana. Tidak baik melukai perasaan orang lain, Jangan menggunakan kata-kata yang bersifat sarkasme, Jangan pernah mengirimkan email atau posting tentang hal-hal yang tidak akan pernah Anda ucapkan secara langsung kepada si pembaca.
  • Standar perilaku di dunia nyata berlaku pula di dunia maya. Konsekuensinya: Jaga keetisan, Melawan hukum adalah netiket yang buruk.
  • Ketahuilah di mana Anda berada di dunia maya.
  • Hargailah waktu dan bandwidth orang lain.
  • Jangan membuat bingung pembaca.(jika anda adalah seorang blogger atau pengelola website)
  • Buat email seperti kartu pos. Jaga supaya pesan Anda singkat saja.
  • Jangan terlalu berlebihan dalam mengutip. Dalam membalas pesan kutiplah hanya hal yang penting untuk dibalas.
  • Tulis dan ejalah dengan benar. Tulis seperti Anda menulis sebuah surat.
  • Jaga supaya signature paling banyak empat baris saja,
  • Cek ulang di Web jika Anda mendapat email tentang virus. Jika Anda tidak pasti tentang hal tersebut, jangan meneruskan email tadi ke orang lain.
  • Jangan mengirim spam.
Diatas adalah solusi bijak penggunaan internet, semoga bermanfaat

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Nettiquette

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
August 3, 2013 at 9:40:00 PM GMT+7 delete

Saya sepakat dengan uraian yang dikemukanan diatas. Untuk surving di dunia maya kita diharapkan bijak, baik dalam menyerap informasi, menyajikan inofrmasi, ataupun yang lain nya. Nice share kawan :)

Izin follow blog nya dan mengharap follow back :D

Reply
avatar
Hedi Putra
AUTHOR
August 4, 2013 at 12:18:00 AM GMT+7 delete

Wahyu Eka # Siap laksanakan,,,, terima kasih atas kunjungannya..........

Reply
avatar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini? EmoticonEmoticon