Pengertian Karangan Argumentasi Menurut Para Ahli

Pengertian Karangan Argumentasi Menurut Para Ahli - Setelah beberapa waktu lalu saya membahas tentang pengertian karangan, kali ini kita memasuki kepada tahapan pengertian dari jenis-jenis karangan itu sendiri,

Karangan memiliki banyak jenis, silahkan baca artikel saya tentang PENGERTIAN DAN JENIS KARANGAN menurut beberapa ahli. Dalam bahasan kali ini saya akan mencoba mendiskripsikan Pengertian Karangan Argumentasi Menurut Para Ahli.
Pengertian Karangan Argumentasi Menurut Para Ahli

Istilah Argumentasi berasal dari bahasa Inggris, yaitu argument artinya dalil, perdebatan. Dalam istilah bahasa Indonesia, kata argumentasi diartikan dengan alasan yang menyertai suatu pendapat. Oleh karena itu, prosa argumentasi disebut dengan karangan bebas yang memuat sesuatu pendapat dengan disertai alasan-alasan sehingga pendapat yang disampaikan dapat meyakinkan pembaca.

Karangan Argumentasi adalah Karangan yang bertujuan membuktikan kebenaran suatu pendapat/kesimpulan dengan data/fakta sebagai alasan/bukti. Dalam argumentasi pengarang mengharapkan pembenaran pendapatnya dari pembaca. Adanya unsur opini dan data, juga fakta atau alasan sebagai penyokong opini tersebut. Dibawah adalah beberapa Pengertian Karangan Argumentasi Menurut Para Ahli.

  1. Keraf (2007:3), menyatakan bahwa argumentasi adalah suatu bentuk retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain, agar mereka percaya dan akhirnya bertindak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh penulis atau pembicara. Melalui argumentasi penulis berusaha menguraikan fakta-fakta sedemikian rupa sehingga mampu menunjukkan apakah suatu pendapat atau suatu hal itu benar atau tidak.
  2. Semi (2007:74), mengatakan bahwa argumentasi adalah tulisan yang bertujuan meyakinkan atau membujuk pembaca tentang kebenaran pendapat penulis.


Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa karangan argumentasi adalah bentuk karangan yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain dengan cara merangkaikan fakta-fakta. Dengan menggunakan prinsip-prinsip logika sebagai alat bantu utama maka karangan argumentasi berusaha menyelidiki apa permasalahan yang akan dikemukakan, apa yang menimbulkan masalah, dan bagaimana cara mengatasinya dengan bahasa kritis dan teratur.

Demikian Pengertian Karangan Argumentasi ini saya buat, sampai jumpa lagi dalam pembahasan yang lainnya dengan topic yang sama, salam.
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?