Pengertian Puisi Ode Menurut Para Ahli

Pengertian Puisi Ode Menurut Para Ahli – Selamat siang dan selamat beraktivitas terlebih dahulu saya ucapkan bagi anda pembaca/pengunjung setia blog ini, sesuai dengan moto blog ini yaitu Edukasi, Inspirasi dan Solusi. Agar blog ini sesuai dengan moto tersebut, maka dalam bahasan kali ini dan pada bahasan terdahulu telah disinggung beberapa artikel yang berkaitan dengan Edukasi.

Pengertian Puisi Ode Menurut Para Ahli

Diantara artikel saya yang membahas tentang Edukasi adalah:
1.Pengertian Puisi dan Makna Puisi
2.Jenis-Jenis Puisi
3.Pengajaran Karya Sastra Puisi Romansa
4. Dan lain-lain atau untuk lebih jelasnya silahkan anda klik tautan ini disini

Untuk mempersingkat dan efisiensi waktu saya dalam menulis, saya akan langsung saja kepada pokok pembahasan. Berikut dibawah ini adalah Pengertian Puisi Ode Menurut Para Ahli, Silahkan disimak dan dibaca sampai tuntas.


  1. Hoetomo (2005:45-47), Puisi Ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang berjasa dalam masyarakat (pahlawan). Hoetomo (2005:46) menyatakan bahwa puisi Ode adalah puisi sanjungan untuk orang yang berjasa. Nada dan gayanya sangat resmi (metrumnya ketat), bernada anggun, membahas sesuatu yang mulia, bersifat menyanjung baik terhadap pribadi tertentu atau peristiwa umum.
  2. Waluyo, (1995:136) menyatakan bahwa puisi ode adalah puisi yang berisi pujaan terhadap seseorang, sesuatu hal, atau sesuatu keadaaan.
  3. Watt Dunton (dalam Situmorang, 1980:16) bahwa puisi Ode merupakan sajak yang berisikan tentang puji-pujian kepada seseorang, bangsa, atau kepada sesuatu yang dianggap mulia.
  4. Kosasih (2003:242) bahwa puisi Ode adalah Puisi yang berisi pujaan terhadap seseorang, sesuatu hal, sesuatu keadaan. Yang banyak ditulis adalah pemujaan terhadap tokoh-tokoh yang dikagumi.

Dari beberapa  Pengertian Puisi Ode Menurut Para Ahli diatas ada baiknya kita selalu ber – Ode dalam kehidupan sehari-hari, ciptakanlah sanjungan dan pujian. Pujilah Tuhan dalam setiap hembusan nafas kita. Terima kasih saya panjatkan kepada Allah SWT dan Shalawat serta salam semoga tercurah kepada junjungan saya/kita Nabi Besar Nabi Muhammad SAW. Akhirul kalam saya ucapkan assalamualikum dan semoga memberikan manfaat. Amin

0 komentar

Posting Komentar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?