Perlukah Riset Keyword?

May 04, 2014
Perlukah Riset Keyword? Pada Pembahasan terdahulu saya telah menerangkan pengertian keyword. Untuk lebih jelasnya Anda bisa membaca tulisan saya tentang pengertian keyword di : Keyword, Pengertian dan Fungsinya.
Perlukah Riset Keyword?
Setelah beberapa lama saya mengamati dan mencermati, serta mempelajari keyword dari beberapasumber, ternyata banyak kekeliruan pada beberapa hal, diantaranya adalah suatu keharusan melakukan riset kata kunci.

Jika dipandang dari fungsinya, sebenarnya keyword ini lebih diutamakan fungsinya untuk SEO, On Page maupun Off Page. Jadi, terkadang kita tidak menyadari bahwa sebenarnya tanpa sengaja kita sudah membuat keyword untuk kunci penelusuran search engine untuk SERP (Search Engine Result Page) Google, Bing atau Yahoo.
Kesuksesan seorang blogger dinilai dari kemampuannya meningkatkan traffic dan earning, sangat jarang orang menilai bahwa kesuksesan seorang blogger (Note: Anda bisa membaca tulisan saya tentang Rahasia Sukses Blogging) itu dinilai dari kemampuannya memberikan pemahaman terhadap suatu permasalahan atau kemampuannya untuk membantu blogger lain dalam menyelesaikan masalah yang dihadapinya. Namun tidak mustahil keduanya berjalan beriringan.

Riset Keyword dipandang dari fungsinya.
Ada dua hal terpenting secara fungsional fungsi dari riset keyword ini, yang pertama fungsi riset keyword untuk Advertiser dan yang kedua bagi publisher.
Fungsi Utama riset keyword bagi publisher menurut saya tidaklah begitu penting jika memang Anda sudah mempunyai website atau blog yang sudah anda kelola dan terindeks oleh Search Engine. Tidak demikian halnya bagi Advertiser, bahwa riset keyword sangat diperlukan.

Sebelum memutuskan untuk mengiklankan barang atau jasa dalam sebuah jasa periklanan online, langkah pertama yang diambil oleh Advertiser adalah melihat competitor keyword yang menjadii sebuah brand atau produk (barang/jasa) yang akan ditargetkan di pasaran.

“Jika Anda seorang Advertiser dan ingin mengiklankan produk Anda secara Online, sebaiknya menggunakan Google Ad Planner atau Adwords. Riset keyword ini bertujuan untuk meminimalisir biaya iklan yang akan Anda keluarkan dan menentukan jumlah tayang iklan Anda. Semakin tinggi tingkat kompetisi suatu keyword produk barang/jasa, maka akan semakin tinggi pula biaya yang harus kita keluarkan. Demikian juga dengan peluang jumlah tayang iklan Anda”.

(?) Apa saran Heddy’s Blog
Untuk mengimbangi persaingan yang semakin tinggi, kreativitas dipandang perlu untuk tetap bertahan dari gempuran produk barang/jasa yang akan Anda jual, beriklan adalah salah satu cara mengenalkan produk barang/jasa.
Apabila tidak adanya tindakan kreatif yang diimbangi dengan kemampuan pemahaman, saya yakin cepat atau lambat anda akan tergusur dari panggung Anda sendiri. Anda membutuhkan sebuah cara sebagai Kunci Kesuksesan Anda. untuk mengatasi hal tersebut, saya sedikit memberikan saran, semoga Anda bisa memahaminya.

PUBLISHER
Bagi publisher, untuk tetap exist sebagai penyedia jasa advertiser ada baiknya Anda melakukan beberapa hal berikut ini:
  1. Tentukan tema / niche yang ingin Anda kelola dalam website/weblog dari awal mula. Hal ini akan membantu anda dalam optimasi SEO, usahakan Anda mengelola niche/tema yang menjadi Anda kuasai dan yang Anda senangi. Website/weblog yang membahas satu topic berpeluang besar untuk tetap nangkring di page one SERP. Bagi Anda yang sudah terlanjur memiliki website/weblog yang ber-Niche gado-gado ada baiknya mempelajari teknik SEO secara intens.
  2. Sesuaikan template atau tampilan website/weblog sesuai tema
  3. Menyediakan beberapa informasi tentang website/weblog Anda seperti Contact Us, About, Sitemap, Privacy Policy dan DMCA
Selaku pemilik Website/WeBlog, mempunyai website yang interaktif dan menyediakan informasi yang dibutuhkan adalah keharusan. Pentargetan pengunjung menjadi dasar utama dalam riset keyword. Dengan mengetahui jumlah kata kunci dalam market place dan jumlah competitor suatu keyword anda bisa mem-prediksi nilai jual website/weblog Anda. Tekun dan kerja keras memaksimalkan kualitas situs (Red: Cara Mengukur Kualitas Situs) adalah kunci sukses adsense. Itu pun jika anda berniat ber-affilasi dengan Google untuk menjadi mitranya dalam program Adsense. Untuk sukses nge-blog, Selengkapnya Anda bisa membaca tulisan saya terdahulu tentang Rahasia Sukses Blogging.

ADVERTISER
Jika Anda memperhatikan penjelasan saya diatas, maka Anda akan menemukan beberapa petunjuk, langkah apa yang harus dilakukan. Untuk melengkapi petunjuk tersebut saya akan menambahkan beberapa point yang mungkin akan berguna bagi Anda.
  1. Gunakan Ad Planner/Adwords untuk mulai melakukan riset keyword.
  2. Sesuaikan kata kunci dengan produk barang atau jasa yang akan anda tawarkan di market
  3. Tentukan lokasi pentargetan iklan Anda.
  4. Pilih banner yang sesuai, iklan text atau image. Usahakan memiliki bentuk yang menarik dan sugestif, sehingga orang akan tertarik untuk mengklik iklan Anda.
  5. Tentukan jangka waktu iklan Anda
Ok, karena waktu sudah larut malam, saya cukupkan sekian tulisan ini. Semoga Anda sudi membacanya, kritik dan saran sangat diharapkan demi kemajuan blog ini. Salam hangat selalu 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

9 comments

Write comments
May 5, 2014 at 3:45:00 PM GMT+7 delete

wah riset keyword itu penting ya gan ?

Reply
avatar
Hedi Putra
AUTHOR
May 5, 2014 at 4:45:00 PM GMT+7 delete

Dipandang sebagai fungsi nya itu penting gan

Reply
avatar
May 5, 2014 at 8:16:00 PM GMT+7 delete

sepertinya perlu juga mas riset keyword agar artikel kita bisa bagus dan bisa muncul di google ;)

Reply
avatar
Hedi Putra
AUTHOR
May 7, 2014 at 9:05:00 AM GMT+7 delete

tentunya harus diimbangi pula dengan kemampuan dan pemahaman SEO, ya kan mbak>>???

Reply
avatar
May 13, 2014 at 3:30:00 AM GMT+7 delete

hello Hedi I am Swadhin Agrawal From DigitalGYD.com Your blog looks nice but I hpoe you had a translate button pls keep visiting

Reply
avatar
Hedi Putra
AUTHOR
May 13, 2014 at 8:33:00 PM GMT+7 delete

Thanks to visit my blog, i have put translate button in my blog. you can translate my blog. hehe

Reply
avatar
Z .u. L
AUTHOR
May 26, 2014 at 12:37:00 AM GMT+7 delete

tergadang kalau asal buat keyword,ga kelihatan muncul dimana artikel postingan...terimakasih mas penjelasanya

salam....

Reply
avatar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini? EmoticonEmoticon