Mesin Fotokopi

February 05, 2015
Kita sudah pasti tahu apa itu mesin fotokopi, mesin yang berbentuk kotak tersebut sangat besar jasanya dalam penggandaan atau duplikasi dokumen. Mesin Fotokopi adalah alat untuk menggandakan dokumen dengan cara memperbesar (zooming) atau memperkecil ukuran dari aslinya. Suatu naskah asli yang digandakan dengan mesin fotokopi akan menghasilkan rekaman naskah yang baik kualitasnya dan mirip atau hampir mirip dengan aslinya. Banyak perusahaan jasa fotokopi ini tersebar dimana-mana, orang memakai jasa fotokopi ini untuk menggandakan naskah baik untuk keperluan pribadi atau pun keperluan lembaga.

Jenis mesin fotokopi terbagi atas tiga bagian dibedakan berdasarkan ukurannya yaitu mesin fotokopi kecil, mesin fotokopi sedang dan mesin fotokopi besar. Mesin fotokopi kecil atau sering disebut juga mesin fotokopi portable mempunyai ciri antara lain kecepatan menyalin hanya 5-10 lembar per menit, dapat dipindahkan dengan mudah, ukuran kertas yang bisa dipakai adalah kertas F4 atau A4. 
mesin+fotokopi

Mesin fotokopi sedang mempunyai kecepatan menyalin 15-20 lembar kertas per menit dengan ukuran kertas mulai dari A4 sampai A3 (297 MM x 420 MM). Mesin fotokopi sedang atau standar mempunyai berat kurang lebih 70 kg dan kisaran Harga Mesin Fotokopi ini 10-25 juta rupiah. Mesin fotokopi besar mempunyai bobot diatas 70 kg dengan kecepatan menyalin minimal 3 lembar per menit, ukuran salinan dapat diperbesar atau diperkecil, dapat menggandakan pada kertas berwarna dan dilengkapi alat sortir otomatis. 
mesin+fotokopi

Proses fotokopi dimulai pada saat dokumen asli yang akan digandakan diletakkan pada permukaan kaca yang terdapat diatas mesin. Kemudian dokumen tersebut akan disinari dengan cahaya yang berjalan dan bagian kertas putih akan memantulkan cahaya lebih banyak daripada yang berwarna gelap.

Ketika anda mempunyai usaha dibidang jasa fotokopi, maka sebaiknya anda melakukan perawatan secara berkala agar tidak cepat usang, agar lebih jelas, bisa anda baca dalam tulisan saya yang berjudul Cara Merawat Mesin Fotokopi

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

Ajukan Pertanyaan Anda Disini? EmoticonEmoticon