Download Lampiran Permendagri No 114 Tahun 2014

Bagi perangkat Desa, Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 Tahun 2014 tentang Pedoman Pembangunan Desa bukan hal yang aneh dan merupakan makanan sehari-hari. Substansi dari Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 114 Tahun 2014 adalah sebuah pedoman bagaimana cara membangun Desa yang mampu menopang pembangunan nasional secara keseluruhan.

Melalui Permendagri No. 114 Tahun 2014 disebutkan bagaimana cara desa untuk mengelola, merencanakan, melaksanakan dan melaporkan kegiatan desa dalam satu tahun anggaran. Petunjuk Teknis tentang pedoman penyusunan RPJMDes (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa) dibuat secara bersama-sama atas dasar musyawarah untuk mufakat.

Download Lampiran Permendagri No 114 Tahun 2014
Suasana Musyawarah Desa

Penggalian ide atau gagasan dimulai dari tingkat terendah yaitu Dusun atau disebut dengan Musdus (Musyawarah Dusun) dimana semua unsur masyarakat dalam satu dusun bersatu menyusun USULAN yang akan diajukan dalam musyawarah tingkat Desa.

Musrenbangdes atau Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Desa disusun berdasarkan usulan dari Dusun-dusun yang telah melaksanakan musywarah. Dalam hal ini, KADUS atau kepala dusun menyampaikannya kepada Pemerintahan Desa. Mekanisme ini dianggap berbelit-belit oleh masyarakat desa yang awam dan belum memahaminya.

Bagi anda yang membutuhkan  Permendagri No. 114 Tahun 2014 silahkan download disini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kita semua. Untuk Download Lampiran Permendagri bisa anda download disini
Previous
Next Post »
0 Komentar

Ajukan Pertanyaan Anda Disini?